Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota TNI di Magelang Diwajibkan Tanam Cabai

Kompas.com - 25/01/2017, 17:03 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Pemandangan berbeda tampak di markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0705/Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu terakhir. Paralon plastik dan polybag berisi tanaman cabai berjajar rapi di sejumlah sudut gedung.

Sejumlah anggota berseragam hijau loreng terlihat menyiram dan merawat tanaman cabai yang masih "bayi" itu.

Menurut Lettu Arm Nur Sigit, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0705/Magelang, merawat tanaman cabai telah menjadi kebiasaan baru bagi anggota TNI di lingkungan Kodim 0705/Magelang. Tidak hanya di markas Kodim di Jalan A Yani Kota Magelang, tapi juga di Koramil, bahkan di rumah masing-masing.

"Ini sudah menjadi kebijakan dari pimpinan agar semua anggota dan keluarganya menanam cabai di rumah, minimal 10 polibag," ujar Sigit Rabu (25/1/2017).

Sigit mengatakan, kebijakan ini dilatarbelakangi oleh meroketnya harga cabai di pasaran beberapa waktu terakhir. Banyak warga yang tidak bisa menjangkau komoditas tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Jadi para ibu rumah tangga bisa irit biaya dengan tidak mengeluarkan uang untuk membeli cabai. Selain itu, hasilnya juga bisa di jual murah atau diberikan kepada tetangga sekitar," imbuh Sigit.

Tanaman cabai yang ditanam juga wajib dirawat dengan baik agar hasilnya optimal. Kata Sigit, tanaman cabai memerlukan perawatan rutin meliputi penyiraman, pemberian pupuk, membersihkan dari gangguan gulma dan lain-lain.

"Perawatan dan pemeliharaan tanaman cabai dilakukan setiap hari oleh anggota staf Kodim Magelang. Setelah apel pagi, para anggota melakukan pemeliharaan," ungkapnya.

Menurut dia, pemberian pupuk yang baik untuk tanaman cabe adalah jenis pupuk kompos. Namun juga perlu diberikan pupuk buatan seperti NPK dengan dosis satu sendok per polybag setiap bulan.

Kendati demikian, setiap anggota juga diperbolehkan untuk merawatnya dengan cara yang alami atau organik. Maka pemupukan bisa diganti dengan menyemprotkan pupuk organik pada masa pertumbuhan daun dan buah. Untuk menjaga kesegaran pada tanaman cabe sebaiknya dilakukan penyiraman setiap 3 hari sekali.

"Tetapi bila suhu panas sebaiknya dilakukan penyiraman setiap hari sekali," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com