Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Meninggal, Mahasiswa UII Mengaku Dipukuli Saat Diksar Mapala

Kompas.com - 24/01/2017, 10:54 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ilham Nurfadmi Listia Adi (20), mahasiswa Universitas Islam Indonesia yang meninggal dunia tengah malam tadi, mengaku sempat dipukuli saat mengikuti kegiatan Great Camping Pendidikan Dasar Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam.

Ilham menceritakan hal itu kepada pamannya, Bambang Supringgo (50), setelah korban pingsan dan dibawa ke Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Korban mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 00.00 WIB tengah malam tadi.

Bambang mengatakan, setelah mengikuti kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) UII, Ilham sempat diperiksa dan dirawat di Jogja International Hospital. Setelah itu, korban menjalani rawat jalan dan pulang ke tempat indekos.

Namun, saat pulang ke tempat indekosnya pada Senin (23/1/2017), korban tiba-tiba pingsan. Ia kemudian dibawa oleh ibu tempat indekos ke RS Bethesda Yogyakarta.

Tak lama kemudian, Bambang menjenguk keponakannya tersebut di rumah sakit.

"Saya lihat ada luka di tangannya, kaki. Di kepala juga ada luka, perutnya membesar," kata Bambang, Selasa (24/1/2017).

Ketika itu, Ilham sempat bercerita tentang apa yang dialami saat di kegiatan Mapala UII. Korban mengaku sempat dipukuli.

"Sempat cerita kemarin. Cerita kalau perutnya dipukuli," kata Bambang.

Hingga kini, sudah ada tiga mahasiswa yang meninggal dunia setelah mengikuti kegiatan Diksar Mapala UII di Gunung Lawu, Lereng Selatan, Tawangmangu, pada 13-20 Januari 2017.

(Baca juga Dua Mahasiswa UII Tewas Usai Mengikuti Pendidikan Dasar Mapala)

Selain Ilham, dua mahasiswa yang meninggal dunia adalah Muhammad Fadhli dari Fakultas Teknik Elektro dan Syaits Asyam dari Fakultas Teknik Industri.

Syaits Asyam meninggal dunia pada Sabtu (21/1/2017) setelah sempat mendapat perawatan di RS Bethesda Yogyakarta.

Dalam jumpa pers, Senin (23/1/2017) kemarin, Wakil Ketua Rektor UII Bidang Kemahasiswaan Abdul Jalil mengatakan akan mengevaluasi kegiatan tersebut. Saat ini, UII menghentikan sementara semua kegiatan kemahasiswaan di luar ruang.

(Baca juga: Dua Mahasiswa Meninggal, UII Stop Sementara Semua Kegiatan "Outdoor")

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com