Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Kepri: Di Mana-mana, Pemeriksa Imigrasi Ditambah Saat Libur...

Kompas.com - 23/01/2017, 13:49 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com — Singapura diharapkan menyediakan lebih banyak petugas imigrasi di Harbour Front saat hari libur. Lamanya waktu pemeriksaan imigrasi kala liburan dikeluhkan banyak orang.

Kepala Polda Kepulauan Riau Inspektur Jenderal Sam Budigusdian mengeluhkan hal itu kepada Konsul Singapura di Batam, Gavin Chay.

Dia menyinggung hal itu di sela pertemuan perwakilan pengusaha dengan Gubernur dan Kepala Polda Kepri, Senin (23/1/2017), di Batam, Kepulauan Riau.

"Saat liburan hanya tersedia lima petugas. Padahal, di sana ada 20 tempat pemeriksaan. Bisa habis tiga jam untuk menunggu selesai pemeriksaan imigrasi," tuturnya.

Saat hari libur, ada lonjakan pelintas antara Kepulauan Riau dan Singapura. Harbour Front adalah pelabuhan utama di rute pelayaran Kepri-Singapura.

"Orang mau belanja di Singapura jadi terganggu gara-gara pemeriksaan imigrasi terlalu lama. Di mana-mana, pemeriksa imigrasi ditambah saat libur. Di Singapura malah dikurangi," tutur Budigusdian.

Tidak hanya pelancong yang terganggu oleh pemeriksaan yang lama. Sejumlah pebisnis di Kepri juga mengeluhkan soal pemeriksaan yang lama gara-gara pengurangan petugas itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com