Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatim Tetapkan SPP Paling Murah Rp 60.000, Paling Mahal Rp 215.000

Kompas.com - 22/01/2017, 15:06 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemprov Jawa Timur mengatur standar biaya Sumbangan Pendanaan Pendidikan (SPP) untuk jenjang sekolah menengah ke atas dan kejuruan negeri di Jawa Timur. Standar biaya SPP terendah Rp 60.000 per bulan, sementara tertinggi mencapai Rp 215.000 per bulan.

Standar SPP berdasarkan surat edaran Gubernur Jawa Timur nomor 120/71/101/2017 tentang SPP SMA dan SMK 2017 itu tidak sama setiap daerah, disesuaikan dengan kemampuan indeks daerah.

Ada tiga kategori SPP sekolah yang diatur dalam surat edaran itu, yakni SMA, SMK teknik, dan SMK non teknik. Biaya SPP termurah yakni untuk SMA negeri di Pacitan, Bondowoso, Pamekasan, dan Sampang, yakni Rp 60.000/bulan, sedangkan standar biaya SPP termahal mencapai Rp 215.000/bulan, yang hanya ditetapkan untuk SMK teknik di Surabaya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Saiful Rachman, mengatakan, standar nilai SPP itu bisa diubah.

"Bisa naik, bisa turun tapi tidak boleh banyak-banyak, sesuai dengan kesepakatan komite sekolah," katanya, Minggu (22/1/2017).

Standar tersebut, lanjut Saiful, sudah disesuaikan dengan kebutuhan dalam setahun. SMA di Surabaya misalnya, kebutuhan opersional dalam setahun mencapai Rp 3 juta per siswa.

"Jika mendapatkan BOS sebesar Rp 1,4 juta setahun, maka kekurangannya mencapai Rp 1,6 juta. Sehingga, SPP ditarik Rp 135.000," ucapnya.

Dia menegaskan, pungutan sekolah lainnya seperti uang gedung, daftar ulang, ujian, dan sebagaianya tidak dibebankan kepada siswa karena sudah ditanggung pemerintah provinsi, menyusul dialihkannya pengelolaan SMA-SMK dari kabupaten/kota ke provinsi.

"SPP digunakan untuk operasional sekolah termasuk membayar gaji guru tidak tetap," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com