Melawan, Dua Pencuri Mobil Tewas Ditembak - Kompas.com

Melawan, Dua Pencuri Mobil Tewas Ditembak

Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana
Kompas.com - 20/01/2017, 11:54 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Aparat kepolisian dari Polres Cimahi melakukan pengejaran terhadap dua orang pencuri kendaraan roda empat yang sempat melakukan beberapa kali pencurian di wilayah hukum Polres Cimahi. 

Kedua pencuri bernama Ucok alias Lubis dan Dede tersebut terakhir kali mengambil mobil Suzuki Carry milik Jaya Rachmat di Jalan Gempol, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada Kamis (19/1/2017) kemarin. 

"Mereka spesialis curanmor kendaraan roda empat," kata Kepala Polres Cimahi AKBP Ade Ary Syam Indradi melalui ponselnya, Jumat (20/1/2017).

Mobil yang dicuri Ucok dan Dede ternyata dilengkapi dengan perangkat GPS. Selain itu, pada saat pencurian berlangsung sebuah kamera CCTV merekam aksi keduanya.

"Berdasarkan rekaman CCTV tersebut kami bisa mendapatkan ciri-ciri pelaku dan kendaraan yang dipakai sebagai sarana untuk melakukan pencurian tersebut. Pelaku menggunakan kendaraan roda empat jenis Avanza warna putih nopol D 1361 XY," ungkap Ade. 

Bermodal ciri-ciri dari rekaman CCTV, polisi kemudian melakukan pengejaran sesuai petunjuk dari GPS. Mobil tersebut ternyata diparkir di lapangan di Kampung Mangkok, Kecamataan Mande, Cianjur, Jawa Barat.

Polisi terlebih dahulu mengamankan dua orang penadah yang akan membeli mobil curian tersebut. Dari keduanya diketahui transaksi pembayaran mobil curian tersebut akan dilakukan di pom bensin Warungkondang, Cianjur, Jumat dini hari.

"Berdasarkan keterangan dari dua orang penadah tersebut diketahui bahwa yang membawa dan menyimpan mobil pick up hasil curian adalah Ucok alias Lubis dan Dede dengan membawa serta kendaraan roda empat jenis Toyota Avanza warna putih," tuturnya.

Timsus Polres Cimahi kemudian bersiaga di lokasi pertemuan pada Jumat sekitar pukul 03.00 WIB. Mobil Avanza warna putih yang digunakan kedua tersangka kemudian lewat di depan pom bensin Warungkondang. Saat mobil tersebut berhenti, Timsus Polres Cimahi langsung melakukan penyergapan. 

"Kedua pelaku berusaha untuk kabur dengan menabrakan mobil ke arah anggota yang melakukan penangkapan," bebernya.

Perlawanan kedua pelaku terpaksa dihentikan dengan beberapa tembakan ke arah kaca mobil yang menyebabkan keduanya tewas ditembus timah panas petugas.

"Sudah diberikan tembakan peringatan beberapa kali, akan tetapi mobil yang dibawa pelaku semakin membahayakan petugas sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur. Tersangka Ucok alias Lubis dan Dede mengalami luka tembak dan tewas di dalam mobil," sebutnya. 

PenulisKontributor Bandung, Putra Prima Perdana
EditorErlangga Djumena
Komentar

Close Ads X