Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mati Mesin, KM Tiga Putri Terombang-ambing 8 Jam di Perairan Buton

Kompas.com - 19/01/2017, 05:20 WIB
Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Sebuah kapal kapal penumpang KM Tiga Putri yang bertolak dari Kota Baubau menuju Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi mengalami mati mesin di perairan antara Batauga dan Siompu, Buton, Rabu (18/1/2017). Akibatnya  kapal yang membawa 19 penumpang itu terombang-ambing di perairan tersebut,

Kepala kantor SAR Kendari, Muslimim melalui Humasnya Wahyudi membenarkan insiden yang menimpa kapal berkekuatan 53 Gross Ton (GT) itu.

“Kita terima laporan sekitar pukul 12.00 Wita dari ibu Marlina pegawai KPLP Baubau bahwa ada kapal yang mati mesin sejak pukul 08.00, setelah dapat laporan kita langsung berangkatkan anggota SAR Baubau untuk melakukan pencarian,” ungkapnya, Rabu (18/1/2017) malam.

Setelah hampir 3 jam melakukan pencarian dengan menggunakan Rescue Boat (RB) 37, tim SAR akhirnya menemukan kapal dan 19 penumpang dalam keadaan selamat.

Kemudian, lanjut Wahyudi, tim SAR melakukan proses evakuasi terhadap penumpang kapal dan membawa mereka ke pelabuhan Murhum, Baubau.

"Saat evakuasi, semua penumpang dalam keadaan selamat. Pukul 19.30 Wita, RB 307 tiba di Pelabuhan Murhum dengan membawa 19 orang penumpang kapal dalam keadaan selamat," terangnya.

Belum diketahui penyebab matinya mesin kapal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com