Minta Diantar ke Bank, Martha Malah Ditikam Temannya di Kebun Sawit - Kompas.com

Minta Diantar ke Bank, Martha Malah Ditikam Temannya di Kebun Sawit

Kontributor Polewali, Junaedi
Kompas.com - 17/01/2017, 15:29 WIB
Kontributor Polewali Mandar, Junaedi Usman ditangkap sesaat setelah menikam temannya saat mengantarkannya ke bank di Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (17/1/2017).

MAMUJU UTARA, KOMPAS.com - Usman (27), seorang pemuda asal Desa Motu, Kecamatan Baras, Mamuju Utara, Sulawesi Barat, nekat menikam rekannya sendiri, Martha, di jalan trans Sulawesi, Dusun Bulu Jengeng, Desa Lariang, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Mamuju Utara, Selasa pagi (17/1/2017).

Akibatnya, korban mengalami kritis dan dilarikan ke rumah sakit setempat.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, insiden ini terjadi saat pelaku mengantar korban menabung ke sebuah bank di Kabupaten Mamuju Utara.

Awalnya, korban Martha dan temannya, Usman, berboncengan mengendarai motor melintasi kawasan hutan dan perkebunan sawit untuk menabung di sebuah bank di kota Pasang Kayu, Mamuju Utara.

Martha hendak mengirim uang Rp 40 juta ke mertuanya. Di tengah perjalanan, saat keduanya melintas kawasan perkebunan sawit, Usman berpura-pura sakit perut dan minta istirahat di areal perkebunan sawit.

Korban yang sudah kenal lama dengan tersangka tak menaruh curiga sedikit pun. Keduanya pun beristirahat.

Saat korban sedang lengah, pelaku Usman mencabut badik miliknya dan menghujamkan ke dada kanan korban.

Korban yang terluka sempat mengadakan perlawanan. Korban mengambil batu dan menghantamkannya ke kepala pelaku hingga terluka.

Beruntung, saat kejadian berlangsung, seorang warga melintas di sekitar lokasi dan melihat kejadian ini. Warga kemudian menolong korban yang sudah terkapar.

“Saya temukan sudah terkapar bersimbah darah. Pelaku juga terluka setelah kepalanya dihantam batu. Saya langsung bawa ke rumah sakit,” tutur Amir, saksi mata.

Sementara pelaku Usman yang juga terluka di kepala dibantu warga dan babinsa dibawa ke Puskesmas Tikke Raya untuk mendapatkan pertolongan.

Tim gabungan Polres Mamuju Utara yang mendapatkan laporan langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelidikan. Setelah melakukan olah TKP barulah terungkap bahwa pelaku penikaman adalah rekan korban sendiri.

“Kasusnya masih kita sidik. Motifnya juga belum bisa kita pastikan karena saksi korban belum bisa dimintai keterangan,” ujar Kasat Reskrim Polres Mamuju Utara, Akp Bob Halamoan Harahap.

Sementara uang Rp 40 juta juga masih dipegang korban.

Selain mengamankan tersangka Usman, polisi juga menyita barang bukti berupa sebuah pisau yang diduga digunakan oleh pelaku menikam korban dan sebuah sepeda motor warna hitam yang digunakan pelaku membonceng korban.

Pelaku kini diamankan di sel tahanan Mapolres Mamuju Utara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

PenulisKontributor Polewali, Junaedi
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X