Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah di Langkat Terendam Banjir

Kompas.com - 13/01/2017, 18:07 WIB

KOMPAS.com - Ratusan rumah di tiga desa di Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dilanda banjir setelah hujan mengguyur sepanjang malam hingga siang ini, Jumat (13/1/2017).

"Air mulai masuk ke berbagai rumah warga sejak pukul 02.00 Wib malam tadi hingga sekarang ini," kata salah seorang warga Gebang, Bondo.

Ratusan rumah yang digenani banjir itu tersebar di Desa Air Hitam, Desa Paluh Manis, dan Kelurahan Pekan Gebang. Meskipun sempat surut, namun beberapa jam kemudian air naik kembali karena hujan.

"Kami khawatir bila hujan semakin turun tidak tertutup kemungkinan air akan semakin meninggi lagi yang masuk ke rumah-rumah warga," katanya.

Sekarang ini saja, banjir sudah setinggi 30 sentimeter di rumah-rumah warga.

Sementara itu, Camat Gebang Tuti Hendrasih yang dihubungi membenarkan terjadinya banjir yang melanda tiga desa di wilayah yang dipimpinnya.

"Memang banjir tersebut berada di tida desa yaitu Paluh Manis, Air Hitam, Pekan Gebang, namun hanya lintas dan mulai surutlah sekarang ini," katanya.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat Irwan Sahri yang dihubungi mengaku belum mengetahui pasti berapa rumah warga yang terkena banjir karena belum ada laporan tertulis.

"Kami belum ada menerima laporan secara tertulis yang ada baru laporan telepon yang disampaikan oleh camat setempat," katanya.

"Namun air katanya mulai surut. Kita tunggulah nanti perkembangannya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com