Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendak Bakar Ban Saat Demo, Mahasiswa Makassar Dorong-dorongan dengan Polwan

Kompas.com - 12/01/2017, 15:14 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sekelompok mahasiswa di Makassar yang melakukan demonstrasi terlibat aksi dorong dengan polisi wanita (polwan) yang disiagakan di bawah jalan layang (flyover), Kamis (12/1/2017) siang.

Mahasiswa yang mengatasnamakan LMND itu menggelar aksinya di tengah jalan di bawah flyover. Bahkan, mahasiswa hendak membakar ban bekas.

Namun, aksi mahasiswa itu dihalau oleh puluhan polwan yang disiagakan di bawah flyover. Polwan kemudian merampas beberapa ban dalam yang dibawa mahasiswa untuk di bakar.

Akhirnya, aksi dorong pun tak terhindarkan antara kelompok mahasiswa dengan Polwan. Aksi dorong ini tidak berlangsung lama, setelah Polwan berhasil merampas semua ban bekas yang dibawa mahasiswa.

Selanjutnya, mahasiswa melanjutkan orasinya di bawah flyover Makassar.

Selain berorasi, mahasiswa juga membentang spanduk-spanduk tuntutannya sambil meneriak-neriakkan revolusi.

Di tempat terpisah, ratusan mahasiswa dari berbagai elemen dan lembaga kampus menduduki gedung DPRD Sulsel. Mereka menuntut hal serupa, yakni menolak kenaikan harga BBM, cabut PP No 16 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif PNBP, menyubsidi kembali tarif listrik 900 watt, cabut UUPT No 12 Tahun 2012, dan normalisasikan harga sembako.

Selain di dua titik lokasi ini, aksi demonstrasi pun terjadi di beberapa titik di Kota Makassar, yakni di depan universitas negeri dan swasta.

Aksi yang digelar mahasiswa di beberapa titik di Kot Makassar mengganggu arus lalu lintas kendaraan di ruas-ruas jalan utama. Aksi mahasiswa ini pun mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian dari berbagai fungsi di jajaran Polda Sulsel dan Polrestabes Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com