Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Pilgub Babel, Ratusan Korek Gas Diamankan Polisi

Kompas.com - 11/01/2017, 20:10 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pemeriksaan ketat dilakukan aparat kepolisian, guna mengamankan kegiatan debat kandidat pilkada gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang digelar di sebuah hotel berbintang, Rabu (11/1/2017). Antara lain dengan mengamankan barang-barang yang dinilai mudah meledak.

Pada kesempatan itu polisi menyita ratusan korek berbahan bakar gas.

“Ini pengamanan normal saja. Tidak perlu khawatir. Kami hanya berharap pilkada berjalan damai dan lancar,” kata Kepala Bidang Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Abdul Munim kepada Kompas.com.

Suasana berbeda terasa dibanding hari-hari biasanya. Kali ini setiap pengunjung yang datang setidaknya harus melewati dua kali pemeriksaan yakni di pintu gerbang masuk kawasan hotel dan di pintu masuk ruang acara.

Petugas kepolisian bekerja sama dengan pihak keamanan hotel menggunakan alat metal detektor dan kaca pembesar untuk memeriksa kendaraan dan barang bawaan pengunjung.

“Barang-barang seperti korek api dan gunting yang diamankan petugas bisa diambil kembali oleh pengunjung saat hendak pulang,” ujarnya.

Polisi meningkatkan upaya pengamanan seiring semakin dekatnya jadwal pilkada yang menurut rencana digelar tanggal 15 Februari 2017.

Langkah pengamanan juga dilakukan sebagai antisipasi tindakan teror dan sabotase oleh pihak yang tidak ingin pilkada serentak berjalan lancar.

Debat kandidat pilkada gubernur Kepulauan Bangka Belitung dihadiri lengkap oleh empat pasangan calon. Setiap peserta debat diberi kesempatan untuk menyampaikan konsep mereka selama lima menit dan dilanjutkan dengan sesi debat.

Isu-isu pembangunan yang berkaitan dengan lingkungan dan pertambangan, serta harga sembako paling banyak diangkat saat debat berlangsung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com