Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geram Jalan Rusak Tak Diperbaiki, Warga Blokade Jalur Trans-Sulawesi

Kompas.com - 11/01/2017, 16:46 WIB
Abdul Haq

Penulis

GOWA, KOMPAS.com — Geram dengan kondisi jalan jalur trans-Sulawesi yang rusak parah. Ratusan warga Kalaserena, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menggelar unjuk rasa dengan memblokade jalan, Rabu (11/1/2017). Akibatnya, terjadi kemacetan sepanjang belasan kilometer.

Menurut warga, akses jalur trans-Sulawesi yang berada di Kelurahan Kalasarena, Kecamatan Bontonompo, ini mengalami kerusakan parah sejak delapan tahun silam. Pemerintah hanya melakukan perbaikan dengan cara tambal sulam. Hal ini pula yang menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Hampir tiap hari di sini ada kecelakaan karena lubang-lubang, mana lagi jalan sempit, padahal ini jalur provinsi," kata Daeng Sau, salah seorang warga setempat.

Unjuk rasa yang dilakukan warga bersama mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Bangsa (AMPP) Bontonompo ini mulai digelar pada pukul 15.30 Wita. Tanpa komando, warga langsung memblokade jalan menggunakan pohon pisang, batang kayu, serta melakukan pembakaran ban bekas.

Aparat kepolisian setempat yang berada di lokasi tak berdaya mengantisipasi aksi blokade jalan yang dilakukan warga. Akibatnya, kemacetan panjang tak terhindarkan hingga 17 kilometer.

Unjuk rasa ini sendiri berakhir pada pukul 16.30 Wita dengan memberikan tenggat waktu bagi pemerintah agar segera melakukan perbaikan jalan.

"Kami memberikan waktu tiga kali 24 jam dan jika tidak ada perbaikan, kami akan terus memblokade jalan sampai tuntutan kami dipenuhi," kata koordinator lapangan (korlap) aksi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com