Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Verifikasi: 7.458 Rumah Rusak akibat Gempa Aceh

Kompas.com - 08/01/2017, 15:30 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Satuan Tugas Pemulihan Bencana Gempa Aceh, memastikan sebanyak 7.458 rusak di Pidie Jaya, Pidie, dan Kabupaten Bireuen akibat gempa magnitudo 6,5 pada 7 Desember 2016 lalu.

Jumlah itu setelah melewati dua kali masa verifikasi yang dilakukan oleh tim terpadu.

Ketua Satgas Pemulihan Gempa Aceh Said Mulyadi dihubungi Kompas.com, Minggu (8/1/2017) menyebutkan, masing-masing bupati dari tiga wilayah terkena gempa telah membuat surat keputusan penetapan jumlah rumah rusak yang telah diverifikasi.

Dia mengatakan, untuk Pidie Jaya sebanyak 6.349 rumah dengan rincian 4.369 rusak berat dan 1.980 rusak. Sedangkan di Kabupaten Pidie sebanyak 836 rumah dengan rincian rusak berat sebanyak 105 unit dan rusak 731.

“Kalau di Bireuen itu hanya 273 unit, dengan rincian 142 rusak dan 131 rusak berat. Meski sudah diverifikasi, kami menyakini masih ada yang tertinggal. Untuk itu, sembari membangun hunian sementara, maka kita pastikan lagi data-data yang tercecer ini,” sebut Said.

Menurut dia, BNPB membangun hunian sementara untuk korban gempa sebanyak 2.202 unit di lokasi gempa.

“Sudah mulai pembangunannya. Kita harapkan segera selesai,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa Aceh mengakibatkan 104 orang meninggal dunia,puluhan ribu pengungsi dan ribuan bangunan rusak parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com