Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Bonek di Bandung Gelar Doa Bersama untuk 5 Rekannya yang Tewas

Kompas.com - 08/01/2017, 15:12 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Para anggota Bonek atau kelompok suporter klub Persebaya Surabaya menggelar doa bersama di Gor Pajajaran, Bandung, menyusul kabar tewasnya lima rekan mereka usai menenggak minuman keras oplosan di Subang, Jawa Barat.

Doa bersama digelar sesaat setelah kongres PSSI memutuskan untuk memulihkan status keanggotaan Persebaya.

"Kami doakan agar arwah rekan-rekan kami diterima di sisi Allah. Kami mengheningkan cipta sejenak," kata Andi, salah seorang pemimpin Bonek, di hadapan rekan-rekannya di Bandung, Jawa Barat, Minggu (8/1/2017).

Andi berpendapat, insiden itu terjadi karena kesalahan sendiri. Namun pihaknya telah mengutus perwakilan Bonek untuk datang menjemput jenazah lima anggotanya itu.

"Kami berbela sungkawa, mungkin karena kesalahan mereka sendiri, informasinya overdosis. Pemerintah Kota Surabaya dan perwakilan kami datang ke Subang untuk memulangkan mereka," kata dia.

Andi mengatakan, masalah serupa harus segera diakhiri, khususnya di organisasi keanggotaan Bonek. Menurut dia, banyak suporter berusia remaja yang masih harus mendapat bimbingan dan perhatian.

"Suporter mayoritas anak-anak remaja yang memang jiwanya labil. Makanya ke depan harus diberikan arahan yang benar bagaimana mungkin seorang suporter mendukung klubnya tapi nyawa mereka harus dikorbankan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com