Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Minta Bobotoh Bantu Kawal Bonek di Bandung

Kompas.com - 07/01/2017, 12:41 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gelombang kedatangan suporter Persebaya Surabaya (Bonek) ke Bandung terus meningkat sehari menjelang kongres tahunan PSSI yang akan digelar di Hotel Aryaduta, Jalan Sumatera, Bandung, Minggu, 8 Januari 2017.

Mengingat banyaknya jumlah massa yang datang, pihak kepolisian meminta bantuan dari basis suporter terbesar Persib Bandung, Viking, untuk mengawal kedatangan serta menemani Bonek di Gor Pajajaran sebagai pusat titik kumpul.

"Kita minta Viking untuk membantu pola pengamanan sehingga tercipta Bandung tetap aman dan kondusif," kata Kepala Polrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo, Sabtu (7/1/2016).

Baca juga: Polda Jabar Prediksi 3.000 Bonek Datang ke Bandung

Sementara itu Ketua Viking, Heru Joko mengatakan, pihaknya menyambut baik kedatangan para Bonek ke Bandung. Heru mengakui, ia diminta kepolisian untuk membantu mengawal Bonek selama di Bandung.

"Di sini kita menemani saja. Karena kita sudah sama-sama kenal, sama-sama tahu. Kita kerja sama dengan pemkot, polisi, semuanya koordinasinya bagus. Kita diminta menemani mereka karena sudah kenal karakternya," ucap Heru di Gor Pajajaran, Bandung.

Heru menambahkan, ia bersama sejumlah pentolan Viking lainnya akan menemani para Bonek hingga proses kepulangan. Saat ini, ada sekitar 1.500 Bonek yang sudah tiba di Bandung.

"Masih banyak yang di jalan, ada yang tinggal di distrik Viking juga. Ini sudah biasa, karena kita sudah kenal dari dulu," ujarnya.

Hubungan baik antara Viking dan Bonek memang sudah terjalin sejak lama. Karena itu, sebagai tuan rumah, Heru berupaya memberikan sambutan dan dukungan maksimal bagi Bonek.

"Mereka sudah kenal kita. Kita akan bantu perjuangan mereka di Bandung, karena kita tahu perjuangan mereka," jelasnya.

Dari pantauan Kompas.com, ribuan Bonek mulai memadati Gor Pajajaran Bandung. Beralas spanduk, sejumlah Bonek memilih berbaring di bawah rimbunnya pepohonan. Polisi gabungan pun bersiaga memantau aktivitas Bonek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com