Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Optimistis Tol Trans Jawa Selesai Sesuai Target

Kompas.com - 07/01/2017, 12:01 WIB
Andi Hartik

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono optimistis pembangunan tol Trans Jawa akan selesai sesuai waktu yang  ditargetkan.

Menurut Basuki, seluruh persoalan yang berkaitan dengan pembangunan jalan tol sepanjang 661 kilometer dari Merak, Banten ke Surabaya, Jawa Timur, sudah berhasil diatasi, termasuk soal pembebasan lahan.

"Jadi Trans Jawa Tol itu 661 kilometer dari Merak ke Surabaya. Itu prioritas ya. Insya Allah 2018 semua akan beres," kata Basuki, saat mengunjungi Arboretum Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jumat (6/1/2017).

Basuki tidak menjelaskan rinci perkembangan pembangunan jalan tol tersebut hingga saat ini. Ia hanya menyebutkan bahwa beberapa ruas tol akan diresmikan pada tahun ini.

"Progresnya macam - macam ya. Tapi mulai 2017 ada beberapa ruas yang sudah bisa diresmikan. Yang jelas Bawen - Salatiga akan diresmikan Maret ini," ungkap dia.

Untuk ruas tol Solo - Ngawi - Kertosono - Mojokerto - Surabaya yang sempat bermasalah dengan pembebasan lahan, Basuki mengatakan sudah diselesaikan dan tinggal menunggu pengerjaan konstruksi.

"Sudah sip. Sudah tidak (masalah) ada sama sekali. Situs tidak ada (masalah) sama sekali," ujar Basuki.

(Baca: Jokowi Minta Tol Trans-Jawa Selesai 2018)

Begitu juga dengan ruas tol Brebes - Pejagan - Pemalang - Batang - Semarang. Menurut Basuki, kendala di ruas Pemalang - Batang akan segera diselesaikan.

"Tapi apapun Pemalang - Batang tetap akan selesai 2018," ungkap dia.

Kompas TV Tol Trans Jawa Bawa Potensi Ekonomi?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com