Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di 2016, Kunjungan Wisatawan ke Purwakarta Naik 100 Persen

Kompas.com - 07/01/2017, 11:58 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kunjungan wisatawan ke Purwakarta sepanjang 2016 naik 100 persen. Pada 2015, jumlah wisatawan di Purwakarta di angka 500.000 wisatawan, namun di 2016 naik menjadi 1 juta wisatawan.

“Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara memang masih rendah. Tapi kunjungan wisatawan nusantaranya luar biasa. Bagus sekali,” ujar Arief melalui rilis, Sabtu (6/1/2017).

Pencapaian yang diraih Purwakarta, sambung Arief, memang wajar. Sebab Purwakarta memiliki modal untuk Pariwisata. Dalam kunjungannya ia sangat merasakan Purwakarta adalah Indonesia kecil.

Keunikan dan kebhinnekaan jelas terasa di Purwakarta. Arief mengungkapkan, dalam strategi pemasaran terdapat 4P yakni product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi).

Dari keempat strategi ini, Purwakarta memiliki tiga kekuatan dan mempunyai satu kelemahan yakni promosi.

Untuk itu ia meminta warga Purwakarta untuk lebih aware pada daerahnya. Misalnya anak sekolah di Purwakarta wajib memposting satu poto tentang kabupaten yang dicintainya ini setiap hari di media sosialnya.

Hal tersebut akan mempercepat promosi Purwakarta ke daerah lain terutama pasar utama Purwakarta yaitu Jakarta dan Bandung. Pihaknya sendiri akan membantu promosi pariwisata Purwakarta. Caranya dengan menjadikan glitter nya Jakarta.

“Yang penting saat ini mengenalkan Purwakarta ke Indonesia dan dunia. Cara yang bisa dilakukan saat ini dengan menjadikannya glitter Jakarta. Apalagi Jakarta-Purwakarta bisa ditempuh kurang dari dua jam,” tuturnya.

Begitupun untuk wisatawan mancanegara. Pihaknya akan memanfaatkan wisman yang berkunjung ke Jakarta untuk berkunjung ke Purwakarta. Salah satu yang diunggulkan Purwakarta adalah homestay.

“Kita akan promosikan homestay Purwakarta dan wisata unggulan di sini seperti air mancur Purwakarta, museum diorama, Jatiluhur, dan lainnya,” ungkapnya.

Arief menjelaskan, wisman yang datang ke Indonesia, 51 persennya adalah wisman bisnis, sisanya pelancong. Kedua kategori ini bisa diajak ke Purwakarta.

Apalagi jika Purwakarta memiliki MICE. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengucap syukur atas pencapaian 2016. Tahun ini (2017) pihaknya menargetkan pertumbuhan wisatawan mencapai 1,5 juta orang atau naik 50 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Kami melakukan berbagai perbaikan destinasi di Purwakarta. Kami juga menambah banyak museum digital dan kampung wisata tahun ini,” imbuhnya.

Dalam kunjungan kerjanya, Arief Yahya diajak ke beberapa destinasi wisata di Purwakarta, yakni Air Mancur Sri Baduga dan dua museum diorama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com