Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Drummer" Kunto Hartono Pecahkan Rekor Dunia Main 145 Jam Nonstop

Kompas.com - 06/01/2017, 18:05 WIB
Kontributor Palembang, Berry Subhan Putra

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com - Halaman Benteng Kuto Besak (BKB) dipadati ribuan pengunjung dan Satuan TNI AD Kodam II/Sriwijaya untuk menyaksikan penampilan drummer Kunto Hartono, Jumat (6/1/2017) siang.

Sebelumnya, drummer ini sudah memulai penampilannya 30 Desember lalu. Terakhir, dia memecahkan rekor dunia Guinness World Record setelah 145 jam nonstop tepat pukul 14.30 WIB.

Sebelumnya, dia pernah tampil 122 jam di Malang pada tahun 2012. Kali ini, dia berhasil mematahkan rekor lama dan berhasil melampaui rekor drummer asal Kanada, Steve Gaul, yang tampil 134 jam.

"Alhamdulillah saya sudah lampaui rekor sebelumnya. Saya sebenarnya tidak butuh uang. Tapi ingin tampil dibumi Sriwijaya dan baru terealisasi akhir tahun kemarin," ujar Kunto dengan wajah lesu.

Sebelumnya, dia memiliki niat tampil di Palembang pertengahan tahun lalu. Selain bertemu Walikota Palembang, Harnojoyo dan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin untuk memberi dukungan moril maupun materil.

"Namun karena ada kendala akhirnya belum terlaksana. Saya sempat pulang ke Surabaya dan ditawari oleh salah satu event organizer pecahkan rekor di Kuala Lumpur, Malaysia. Tapi saya menolak," paparnya.

Dia berpendapat, sebagai orang Indonesia, dirinya punya niat teguh tampil di Indonesia, khususnya Palembang.

"Kalau saya tampil di Kuala Lumpur, saya diminta lepaskan atribut yang berbau Indonesia di drum saya. Saya tidak mau itu," tuturnya.

Sementara itu, Danrem 044/Gapo Kolonel Infantri Kunto Arief Wibowo mengatakan, pihaknya bersama satuan Korem sempat resah dengan persiapan penampilan sang Drummer. Namun, berkat kesigapan satuan TNI AD dan Event Organizer event berjalan sesuai rencana.

"Kami juga bisa masuk ruang ICU sama seperti mas Kunto. Tapi semuanya berjalan lancar," ujarnya.

Di tempat berbeda, Ketua PHRI Sumsel, Herlan Aspiudin, menambahkan, pertunjukan Kunto bisa membuat kota Palembang di kenal dunia. Apalagi dengan promosi Asian Games 2018 ini sangat mendukung sekali.

"Memang butuh sponsor sampai Rp 1 miliar. Ada juga beberapa fasilitas dari pemprov dan pemkot seperti tenda dan panggung. Tapi semuanya difasilitasi jajaran TNI AD dari Korem 044/Gapo bersama Kodam II/Sriwijaya," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com