Polisi Minta Mobil "Petepete Smart" Segera Dilengkapi Dokumen Resmi - Kompas.com

Polisi Minta Mobil "Petepete Smart" Segera Dilengkapi Dokumen Resmi

Kontributor Makassar, Hendra Cipto
Kompas.com - 04/01/2017, 11:59 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto melounching petepete smart ciptaannya di Anjungan Pantai Losari.

MAKASSAR, KOMPAS.com - " Petepete Smart" atau angkutan kota yang diinisiasi oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, beroperasi di jalan-jalan kota Makassar tanpa dilengkapi dokumen.

Padahal, mobil rakitan itu belum melalui uji kelayakan yang dapat membahayakan jiwa pengendara lainnya.

Wakil Direktur Lalulintas Polda Sulsel, AKBP Edi Purwanto, mengatakan, jika "Petepete Smart" belum dilengkapi dokumen seperti BPKB, STNK, izin trayek dan lainnya, Direktorat Lalulintas Polda Sulsel bisa melakukan tindakan tegas dengan tilang atau penyitaan kendaraan. Apalagi kendaraan tersebut beroperasi di jalan dengan menggunakan plat kendaraan palsu.

Menurut Edi, jika ingin "Petepete Smart" beroperasi di jalan, maka kendaraan tersebut harus melalui tahapan uji kelayakan dan mengantongi izin dari Kementerian Perhubungan.

"Tanpa dilengkapi dokumen resmi, itu sudah ilegal dan membahayakan jiwa bagi pengendara jalan lainnya. Itu harus ditindak tegas dan kalau kedapatan di jalan, kami langsung tilang dan melakukan penyitaan," ungkapnya, Rabu (4/1/2017).

Jika memang sudah melalui uji kelayakan, lanjut Edi, pastinya Pemerintah Kota Makassar bisa membuatkan BPKB dan STNK untuk "Petepete Smart". Namun sampai saat ini, "Petepete Smart" belum teregistrasi atau terdaftar di Direktorat Lalulintas Polda Sulsel.

Seperti yang dikemukakan Kasubdit Regiden Polda Sulsel, AKBP Dwi Santoso. Menurut dia, "Petepete Smart" yang digaung terus oleh Wali Kota Makassar belum resmi dan masih ilegal.

"Sampai saat ini, itu "Petepete Smart" belum pernah saya registrasi dan tidak terdaftar di Dit Lantas Polda Sulsel," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Makassar yang akrab disapa Danny Pomanto telah meluncurkan mobil "Petepete Smart" yang berukuran sebesar mobil minibus, Senin (12/12/2016) sore.

Saat diluncurkan, mobil "Petepete Smart" yang dapat mengangkut 16 penumpang ini berasap akibat radiatornya terlalu panas. Mobil "Petepete Smart" ini dirakit di sebuah bengkel di Jl Rappocini, Makassar.

Rencananya, "Petepete Smart"ini akan dijadikan sebagai angkot modern yang dilengkapi dengan colokan listrik agar penumpang bisa mengisi daya handphone dan laptopnya. Listriknya pun bersumber dari mesin genset yang terpasang di mobil.

"Petepete Smart" didesain menampung 16 penumpang yang dapat duduk ataupun berdiri dan dilengkapi fasilitas televisi, wifi, dan ac bagi penumpangnya. Semua penumpang bisa masuk, termasuk penyandang disabilitas karena sudah disediakan tempatnya di atas.

Mobil "Petepete Smart" ni menggunakan mesin pabrikan merk Daihatsu berjenis Grand Max. Hanya saja, desain body mobil didesain oleh Danny Pomanto sendiri. Namun keliling kaca jendela maupun kaca depan dan belakang terbuat dari plastik fiber.

(Baca juga: Mobil "Petepete Smart" Berasap Saat Diluncurkan Wali Kota Makassar)

PenulisKontributor Makassar, Hendra Cipto
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X