Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Hilang dan Tersesat, 3 Pendaki Gunung Semeru Ditemukan Selamat

Kompas.com - 03/01/2017, 21:33 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Tiga pendaki dikabarkan hilang tersesat di Gunung Semeru, Jawa Timur, Selasa (3/1/2017).

Beruntung, tim SAR gabungan yang dikerahkan untuk melakukan pencarian menemukan mereka dalam kondisi selamat.

Ketiga pendaki itu adalah Joko Rubianto (26), warga Dusun Sekaru RT 3 RW 2 Desa Sukopinggir, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang dan Charles Simbolon, warga Palembang serta Abd Rohman, warga Kabupaten Bangkalan, Madura.

Ketiganya memulai pendakian pada Sabtu (31/12/2016). Mereka dinyatakan hilang pada Senin (2/1/2017) setelah sempat mengirim kabar melakui pesan pendek sekitar pukul 15.18 WIB.

"Tiga pendaki tersebut tidak sempat naik ke Mahameru. Di atasnya Kelik atau batas vegetasi turun kembali karena cuaca kabut akhirnya kesasar ke arah kanan hingga posisi sekarang di sungai yang terdapat banyak air terjun kecil," kata Polisi Hutan (Polhut) Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Joko Purwito.

Setelah mendapat laporan ada tiga pendaki tersesat, tim SAR gabungan langasung melakukan pencarian. Tim baru menemukan ketiganya pada pukul 13.00 WIB di sekitar tebing Aru Blok Blank 75.

Kepala Balai Besar TNBTS, John Kennedie mengatakan, ketiga survivor ditemukan dalam kondisi selamat. Mereka masih dalam perjalanan turun ke Pos Ranupani bersama sejumlah tim SAR yang bertugas.

"Selanjutnya jika telah tiba di Ranupani maka akan dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum para survivor yang ditemukan diizinkan untuk pulang ke tempat asalnya masing-masing," jelasnya.

Sekadar diketahui, jalur pendakian Gunung Semeru akan ditutup total mulai Rabu (4/1/2017) untuk pemulihan ekosistem hutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com