Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Trotoar Molor, Ridwan Kamil Kesal

Kompas.com - 03/01/2017, 15:38 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Banyaknya proyek infrastruktur yang meleset dari kesepakatan membuat Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kesal.

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Emil itu sudah berulang kali mengingatkan agar seluruh proyek infrastruktur di Bandung harus rampung pada akhir Desember 2016. Namun, hingga awal tahun 2017, masih banyak proyek yang tak kunjung beres.

"Saya juga kecewa. Saya sudah tegur Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP)," ucap Emil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (3/1/2017).

Emil mengatakan, banyaknya proyek yang molor disebabkan proses lelang yang selalu dilakukan di akhir tahun. Sebab itu, dia memerintahkan agar di tahun 2017 proses lelang proyek harus dilakukan di awal tahun.

"Saya bilang ini akibat selalu punya kebiasaan melelang dipepet-pepetin. Makanya 2017 harus mulai lelang. Jangan lelang-lelang di tengah tahun. Ini akibatnya kayak begini," tuturnya.

Dari sejumlah proyek yang tak selesai tepat waktu, Emil mengatakan, pengerjaan trotoar di Jalan Wastukancana merupakan yang paling parah.

"Paling banyak (molor) proyek trotoar. Ini trotoar saya kecewa terus terang. Masa trotoar yang kayak Wastukancana 'nu seuprit' (yang sedikit) saja enggak beres," ungkapnya.

Dia menambahkan, dia akan memberikan tengat waktu selama 50 hari kepada para kontraktor untuk menyelesaikan sisa pekerjaannya.

"Solusinya adalah masih ada waktu 50 hari sebelum di-blacklist. Dengan syarat (denda)sehari 1 per mil (1/1000)," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com