Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klakson "Telolet" Ramaikan Malam Tahun Baru di Surabaya

Kompas.com - 01/01/2017, 00:24 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Detik-detik pergantian tahun tidak hanya diramaikan oleh bunyi terompet dan nyala kembang api. Di Surabaya, bel "telolet" juga ramai dibunyikan pengendara untuk menyambut malam tahun baru 2017, Sabtu (31/12/2016) malam.

Pantauan Kompas.com di beberapa ruas jalan utama Surabaya seperti di Jalan Basuki Rahmat, Jalan Urip Sumoharjo, hingga Jalan Raya Darmo, klakson berbunyi "telolet" tidak hanya dibunyikan oleh kendaraan roda empat, namun juga dibunyikan oleh kendaraan roda dua. 

Sofyan, warga Kupang Krajan Surabaya, mengaku sengaja memasang bel "telolet" di kendaraan roda empatnya, karena menurut dia saat ini bel tersebut sedang "ngetrend".

"Kan sekarang lagi musim, biar ramai saja, nanti usai malam tahun baru dicopot lagi," katanya.

Bunyi klakson "telolet" seakan menggantikan bunyi knalpot "brong" yang selalu terdengar di setiap malam tahun baru di Surabaya.

Itu karena sejak beberapa hari sebelumnya, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini bersama kepolisian aktif menggelar razia ke bengkel-bengkel motor yang menyediakan knalpot "brong" untuk konvoi malam tahun baru.

Sejak 1 Desember hingga tiga hari jelang malam tahun baru, ada 62 knalpot Brong yang disita dari pengguna motor di Surabaya, dan ada 81 motor yang disita karena tidak memiliki kelengkapan surat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com