Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Jalur Pendakian Gunung Diperketat pada Malam Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2016, 23:23 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Enam jalur pendakian ke Gunung Sindoro, Sumbing, dan Prau di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendapat perhatian khusus dari kepolisian setempat menjelang pergantian tahun baru 2017.

Enam jalur pendakian itu antara lain jalur Kledung dan Bansari menuju ke Gunung Sindoro, jalur Kecepit dan jalur baru Tembarak ke arah Gunung Sumbing, serta jalur Tretep dan Wonosboyo menuju ke Gunung Prau.

Kepala Polres Temanggung AKBP Wahyu Wim Hardjanto menyatakan bakal menggelar razia di jalur-jalur tersebut guna mengantisipasi penyebaran paham radikal, paham komunis, aksi terorisme, dan aksi kriminal lainnya. Pihaknya tidak mau kecolongan karena puncak gunung di wilayah ini pernah menjadi tempat pengibaran bendera kelompok radikal menjelang pergantian tahun baru 2016 dan perayaan hari kemerdekaan RI, 17 Agustus 2016.

"Untuk antisipasi, soalnya kami pernah mendapati ada kelompok yang sudah pernah mencoba mengibarkan bendera ISIS di gunung. Pada pergantian tahun sebelumnya juga ketahuan ada yang memasang simbol tersebut salah satu rumah warga," ujar Wahyu, Sabtu (31/12/2016).

Adapun fokus razia, katanya, antara lain atribut kelompok-kelompok radikal dan komunis, senjata tajam, senjata api, minuman keras, dan narkoba.

Menurut Wahyu, puncak gunung menjadi salah stau lokasi yang banyak diminati orang untuk merayakan pergantian tahun baru. Karena itu, pihaknya menekankan perlunya pendataan identitas orang yang hendak mendaki gunung di wilayah hukumnya.

"Hal ini untuk memudahkan pemantauan dan antisipasi yang kami lakukan," ujar Wahyu.

Selain di gunung, polisi juga meminta kepada aparat kecamatan dan desa di Kabupaten Temanggung untuk ikut memantau potensi penyebaran paham radikal, komunis, maupun intoleransi di wilayah masing-masing.

Wahyu menambahkan untuk pengamanan malam tahun baru 2017, pihaknya menerjunkan sebanyak 1.000 personel ditambah personel dari unsur TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Kokam, Senkom, dan Banser. Puncak perayaan akan digelar di Alun-alun Temanggung dan area taman Kecamatan Parakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com