Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Kapal Berpenumpang 36 Orang Kandas di Laut Wakatobi

Kompas.com - 30/12/2016, 22:40 WIB
Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Kapal motor (KM) Tiga Putri 2 yang membawa 36 penumpang dan anak buah kapal (ABK) kandas di perairan Komponeone, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

KM Tiga Putri 2 itu berlayar dari Baubau menuju Pulau Binongko, Wakatobi, Jumat (30/12/2016) pagi tadi.

Perwakilan Humas Kantor Badan SAR Kendari, Wahyudi, mengatakan, pihaknya menerima laporan kejadian sekitar pukul 06.00 Wita dari nakhoda kapal bernama Sahlan.

Kapal kandas sekitar pukul 05.30 Wita, tim Rescue pos SAR Wakatobi dengan menggunakan RIB diberangkatkan untuk melakukan evakuasi," kata Wahyudi, Jumat malam.

Selama satu setengah jam pencarian, Tim SAR akhirnya menemukan kapal beserta penumpang dalam keadaan selamat.

Kemudian Tim Rescue langsung mengevakuasi seluruh penumpang ke pelabuhan Wanci, Wakatobi.

“Semua penumpang sebanyak 29 orang dan 7 Anak buah kapal (ABK) itu dalam keadaan selamat. Lalu tim mengevakuasi penumpang dan kru kapal dengan menggunakan RIB," tutur Wahyudi.

Menurut dia, saat kejadian, cuaca sedang buruk akibat hujan lebat, sehingga KM Tiga Putri 2 terseret arus dan kandas di tengah laut.

"Ada 16 penumpang laki dan 12 perempuan, sebagian penumpang sempat shock karena saat kejadian banyak penumpang masih tertidur," tambahnya.

Untuk itu, Wahyudi mengimbau agar pengguna jasa pelayaran tetap memperhatikan alat navigasi dan mengetahui kondisi cuaca saat akan melakukan pelayaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com