Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Ikut "Mannequin Challenge" dengan Mahasiswa UMM

Kompas.com - 28/12/2016, 22:00 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menyempatkan diri untuk mannequin challenge di tengah-tengah mahasiswa saat mengisi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Malang, Rabu (28/12/2016).

Ketika itu, seluruh mahasiswa, termasuk Sri Mulyani, diam selama beberapa menit. Dalam diam yang mematung itu, Sri Mulyani menunjukkan bandana yang bertuliskan pajak.

Baca juga: Beri Kuliah Umum di Unpad, Sri Mulyani Ikut "Mannequin Challenge"

Tidak hanya itu, seusai mannequin challenge, Sri Mulyani menghampiri mahasiswa yang sedari awal mengikuti kuliah umum tersebut dan melakukan swafoto.

Selama kuliah umum berlangsung, Sri Mulyani banyak menyampaikan capaian ekonomi di Indonesia. Termasuk soal kebijakan tax amnesty yang masih sedang berlangsung.

Sri Mulyani mengaku sangat menyayangkan rendahnya kesadaran masyarakat membayar pajak. Ia menyebutkan, mestinya kehidupan masyarakat yang semakin makmur diikuti oleh kesadaran membayar pajak.

"Yang tidak bagus itu adalah masyarakatnya semakin makmur tapi tidak bayar pajak," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan soal utang luar negeri yang mencapai 324,2 miliar dolar AS. Menurutnya, satu-satu jalan untuk menerapkan keputusan penghentian utang luar negeri harus dengan memperbesar penerimaan pajak dan mengurangi belanja negara.

"Untuk mengurangi utang, satu-satunya jalan pajaknya dibesarkan, belanja dikurangi," ungkapnya.

Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa daya kompetisi Indonesia semakin membaik. Dari sisi kemudahan melakukan usaha, Indonesia menurutnya berada di di atas Filipina dan Brazil.

"Daya kompetisi kita semakin baik. Dari sisi ease of doing business," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com