Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Jabar: Puncak Arus Mudik Tahun Baru Terjadi Malam Ini dan Besok

Kompas.com - 28/12/2016, 21:41 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Puncak arus mudik libur Tahun Baru 2017 diperkirakan terjadi pada Rabu (28/12/2016) malam ini dan Kamis besok (29/12/2016).

Puncak arus mudik ini kebetulan berbarengan dengan pengalihan jalur kendaraan karena bergesernya Jembatan Cisomang, sehingga kepadatan kendaraan lebih terasa.

“Pintu Tol Cikarang Utama sudah padat hingga ke Cipali. Puncak arus mudik malam ini, batas akhirnya besok,” ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus di Bandung, Rabu (28/12/2016).

Yusri menjelaskan, peningkatan arus mudik dalam rangka pergantian tahun ini terkendala di KM 100-700, yakni pergeseran Pilar 2 (P2) jembatan Cisomang. Akibatnya, kendaraan besar tidak boleh melalui Cisomang dan dialihkan ke pintu tol yang lain.

Baca juga: Perbaikan Jembatan Cisomang, Ini Rekayasa Lalin Tol Jakarta-Cikampek

Untuk mengantisipasi kemacetan yang lebih parah, pihaknya mengeluarkan kebijakan lapis kekuatan dengan membuat pagar betis di jalan arteri untuk pengalihan arus.

Kendaraan dari Jakarta bisa dialihkan di KM 72, 84, atau 66 tergantung situasi di lapangan.

“Kepadatan terjadi di Purwakarta (Km 72 dan 84). Seluruh kekuatan Polres Purwakarta dibantu Ditlantas Polda Jabar diturunkan,” imbuhnya.

Yusri mengungkapkan, kepadatan di Purwakarta terjadi setelah pembatasan truk berakhir.

Seperti diketahui, sebelum dan sesudah Natal (23-26 Desember 2016), pemerintah membatasi truk. Truk yang boleh beroperasi hanya yang mengangkut keperluan bahan pokok.

Namun begitu, tanggal 27 Desember, truk kembali beroperasi sehingga terjadi penumpukan kendaraan. Untuk itu, ia berharap menjelang Tahun Baru nanti pemerintah kembali membatasi truk yang beroperasi.

“Yang berhak mengeluarkan kebijakan pembatasan truk dari Perhubungan,” ucapnya.

Baca juga: Ini Jalur-jalur Rawan Macet Menjelang Tahun Baru 2017

Apalagi, saat arus balik nanti yang dijatuh pada 2-3 Januari 2017. Ia berharap masyarakat yang kembali ke Jakarta tidak pulang serentak dalam satu waktu.

“Berharap arus balik pecah tidak bersama-sama untuk megantisipasi kepadatan,” tuturnya.

Kompas TV Perbaikan Jembatan Cisomang Makan Waktu 3 Bulan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com