Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hari Kandas, KM Sinabung Akhirnya Dapat Ditarik ke Pelabuhan Tual

Kompas.com - 28/12/2016, 15:35 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Kapal Motor (KM) Sinabung yang kandas di perairan Dullah Laut, Tual, Maluku, akhirnya dievakuasi ke pelabuhan Tual, Rabu (28/12/2016).

“Kapalnya sudah ditarik oleh pihak Pelni dan Syahbandar ke pelabuhan,” kata koordinator Pos SAR Tual, Fahri Fahrudin Hehuat kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Rabu siang.

Sementara dihubungi secara terpisah, Direktur Operasi dan Pelayanan PT Pelni, Muhamad Tukul Harsono mentakan, prsoes evakuasi terhadap KM Sinabung dilakukan pihak Pelni bersama Syahbandar Tual dengan menggunakan sebuah tugboat, sejak Selasa malam.

“Sudah sandar di pelabuhan Tual dini hari tadi sekitar pukul 01.00 WIT, kapalnya ditarik oleh kita bersama Syahbandar dengan menggunakan tugboat,” kata Harsono kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon.

Baca juga: Kepala SAR: Kapal Sinabung Diduga Menabrak Karang

Harsono menjelaskan, proses evakuasi kapal tersebut berjalan lancar dan kini sedang dalam pengawasan KNKT dan Badan Klasifikasi Indonesia.

Menurutnya, jika hasil pemeriksaan kapal tersebut tidak bermasalah, maka kapal itu akan kembali beroperasi seperti biasa.

“Tinggal menunggu saja hasil pemeriksaan dari KNKT, kalau tidak ada masalah ya bisa kembali beroperasi sesuai rute,” ujarnya.

Dia mengatakan, pemeriksaan terhadap kondisi kapal oleh KNKT merupakan sebuah ketentuan untuk memastikan apakah kapal tersebut bermasalah atau tidak saat kandas di perairan Dullah Laut.

"Semoga tidak ada masalah sehingga kapalnya bisa beroperasi lagi,” ujarnya.

KM Sinabung sebelumnya kandas di perairan Dullah Laut pada Selasa (22/12/2016) saat berlayar dari Ambon menuju Tual.

Baca juga: Proses Evakuasi Ratusan Penumpang Selesai, KM Sinabung Masih Kandas

Kapal yang menggangkut ratusan penumpang itu kandas setelah melewati air surut dan menabrak karang di perairan tersebut.

Akibat kejadian itu, ratusan penumpang terpaksa dievakuasi dengan menggunakan feri menuju daratan.

Setelah delapan hari kandas, kapal tersebut akhirnya bisa ditarik ke pelabuhan Tual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com