Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Jabar: Purwakarta Titik Rawan Baru Terorisme

Kompas.com - 28/12/2016, 10:11 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan, titik rawan terorisme di Jabar cukup banyak. Yani di Bandung, Tasik, Bogor, Banjar, Sukabumi, dan Purwakarta.

“Purwakarta itu titik baru. Sekarang kita pertebal keamanan,” ujar Anton seusai Syukuran Kapolda Jabar di Mapolda Jabar, Bandung, Rabu (28/12/2016).

Anton menyebutkan, pihaknya bersinergi dengan TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, serta sejumlah komunitas agama Islam, seperti Anshor untuk melakukan penjagaan. Pihaknya juga telah mengumpulkan 4.300 orang Babinkamtibmas.

Dalam pertemuan tersebut, Babinkamtibmas diminta untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap gerakan radikal. Sebab, gerakan radikal bukan hanya masalah fisik tapi ideologi.

“Babinkamtibmas dikumpulkan untuk mensosialisasikan berbagai masalah, terutama toleransi agama,” ucapnya.

Karena itu pula, pihaknya mengumpulkan ulama agar bisa sama-sama memberikan kesadaran kepada masyarakat. Seperti kegiatan syukuran ini. Selain sebagai bentuk syukur karena dipercaya mendapatkan amanah, kegiatan yang diisi dengan istighasah ini sebagai bentuk doa bersama.

“Kebetulan berbarengan dengan persiapan pengamanan Tahun Baru. Berdoa agar selamanya Jabar aman. Karena waktu terus berjalan. Tentu keamanan harus diciptakan dipelihara bersama. Kita jaga lembur sararea (kampung bersama),” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com