Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTDI Kirim Pesawat CN235 Pesanan Angkatan Udara Senegal

Kompas.com - 27/12/2016, 17:28 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) kembali melakukan kegiatan kirim terbang (ferry flight) satu unit pesawat terbang tipe CN235-220M Multi Purpose yang dibeli oleh AD Trade Belgia untuk Angkatan Udara Senegal di Hanggar Final Assy Fixed Wing PTDI, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (27/12/2016).

Kegiatan kirim terbang tersebut dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Udara Senegal Jenderal Birame Diop dan Wakil Direktur Jenderal AD Trade Belgia Max Abitbul datang serta didampingi Direktur Utama PTDI Budi Santoso dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

“Pesawat CN235-220 produk PTDI sudah dikenal luas di berbagai negara sebagai pesawat multiguna yang efektif dan efisien dan dapat beroperasi dari landasan dengan kondisi terbatas,” kata Dirut PTDI Budi Santoso dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa siang. 

Baca juga: PTDI Kirim Pesawat CN235-220M Pesanan Polisi Thailand

Budi menambahkan, AD Trade Belgia sebelumnya juga telah membeli tiga unit CN235 dari PTDI. Dua unit telah digunakan oleh Pemerintah Burkina Faso dan satu unit dipakai Pemerintah Venezuela. 

Budi menjelaskan, pesawat CN235-220M Multi Purpose Aircraft untuk Angkatan Udara Senegal ini memiliki konfigurasi yang dapat diubah dengan cepat (quick change configurations) seperti paratroop, medical evacuation, VIP transport dan passanger transport sehingga mampu menjawab kebutuhan di negara-negara Asia dan Afrika.

“Ini adalah bukti kemampuan bangsa Indonesia dalam menguasai teknologi tinggi,” jelasnya.

CN235-220M Multi Purpose Aircraft diterbangkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung menuju Dakar, Senegal, dengan rute Bandung-Medan-Kolombo-Maladewa-Pakistan-Riyadh-Khartoum-Chad-Burkina Faso hingga Dakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com