Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasung Istrinya, Seorang Pria Diamankan Polisi

Kompas.com - 27/12/2016, 11:31 WIB
Junaedi

Penulis

MAJENE,KOMPAS.com - Polisi mengamankan Samsuddin (54), warga  Tangnga-tangnga, Desa Tinambung, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Senin (26/12/2016).  Penangkapan ini lantaran pria paruh baya tersebut memasung istrinya, Arjuna (51).

Sang istri melaporkan suaminya ke polisi setelah berhasil melepaskan diri dari pasungan. Dia mengaku jadi korban kekerasan dalam rumah tangga.

Anggota Polres Majene pun ke rumah korban dan mengamankan Samsuddin saat bersama anaknya di ruang tamu.

Saat polisi tiba, Samsuddin sangat koorperatif. Ia langsung mengantar polisi ke salah satu kamar tempat ia memasung istrinya. Ia kemudian menunjukkan pasung yang terbuat dari kayu dan menjelaskan cara kerja pasung tersebut.

Samsuddin mengaku memasung istrinya Arjuna sejak 2003 lalu berdasarkan kesepakatan termasuk dengan keluarga Arjuna karena diduga menderita gangguan jiwa.

Menurut dia, Arjuna sempat dibebaskan dari pasungan selama beberapa saat. Namun sejak 2015,  ibu enam anak itu kembali mendekam di kamar kecil dalam keadaan kedua kakinya dipasung.

"Saya pasung karena membahayakan dan mengganggu tetangga. Biasa melempari rumah tetangga, biasa masuk mushalla menyalakan pengeras suara tengah malam dan mengganggu orang di pasar," kata Samsuddin.

Dia mengatakan, pemasungan yang dilakukan terhadap istrinya jika penyakitnya gangguan jiwa yang diderita kambuh. Terakhir, ia memasung istrinya, Minggu 25 Desember 2016 kemarin. Namun Arjuna berhasil meloloskan diri siang tadi sekitar pukul 12.00 Wita.

"Sejak kemarin dipasung lagi karena rencananya saya akan bawa ke Rumah Sakit Dadi Makassar untuk berobat. Saya tunggu anak laki-laki saya yang berada di Mamuju," jelas Samsuddin.

Samsuddin mengatakan langkah yang dilakukan dengan cara memasung istrinya tersebut dilakukan setelah musyawarah keluarga. Dia mengaku anak dan saudara kandung istrinya setuju dengan langkah tersebut.

Anggota Polres Majene kemudia menyita pasungan dan menggiring Samsuddin ke Polres Majene. Saat ini, pasangan suami istri yang punya anak enam tersebut masih berada di Polres Majene untuk menjalani pemeriksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com