Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toleransi Beragama pada Peringatan Korban Tsunami Aceh

Kompas.com - 26/12/2016, 15:53 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Toleransi umat beragama semakin kental dirasakan oleh warga Meulaboh keturunan etnis Tionghoa saat melakukan ziarah ke kuburan massal korban gempa dan tsunami di Desa Suak Indra Puri, Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat.

“Keluarga kami banyak yang menjadi korban gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004 lalu, sehingga setiap tahunnya kami selalu mengunjungi lokasi kuburan massal korban tsunami yang ada di Aceh Barat," kata Fransisca (29), warga Meulaboh keturunan tionghoa kepada wartawan, Senin (26/12/16).

Baca juga: 12 Tahun Tsunami, Gampong Pasir Bangun Tugu 603 Nama Korban

Friansisca dan ibunya, Lilian (60), mengaku pada peringatan 12 tahun gempa dan tsunami kali ini, nilai toleransi umat beragama di Aceh Barat semakin terasa. Pasalnya, pada awal-awal tahun peringatan pasca-gempa dan tsunami, mereka tidak bisa berdoa sesuai keyakinannya, namun kali ini berbeda.

“Dulu diawal-awal peringatan gempa dan tsunami kami hanya datang membawa diri dan berdoa dalam hati. Tapi sejak beberapa tahun belakangan ini sampai hari ini kami sudah diperbolehkan melakukan ritual dengan cara dan keyakinan kami. Kami ucapkan terima kasih sekali kepada seluruh warga Aceh Barat," ucapnya.

Meski 12 tahun sudah gempa dan tsunami Aceh berlalu, namun bagi sebagian warga di Kabupaten Aceh Barat yang berhasil selamat dari musibah dahsyat pada 26 Desember 2004 silam itu seolah baru saja terjadi. Mereka terlihat tak kuasa menahan kesedihan saat mengenang keluarga dan harta benda mereka telah hilang seketika dalam musibah besar tersebut.

“Walaupun sekarang sudah 12 tahun gempa dan tsunami, tapi saat melakukan ziarah pada hari peringatan setiap tahunnya terasa seolah-olah baru saja terjadi, karena kenangan terhadap keluarga yang menjadi korban tsunami sampai kapanpun tak dapat dilupakan," kata Sri Wahyuni, warga Meureubo, usai melakukan doa di lokasi kuburan massal korban tsunami.

Kompas TV Ziarah Massal 12 Tahun Tsunami Aceh
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com