Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Dinas Ridwan Kamil Jadi Destinasi Wisata Sejarah

Kompas.com - 25/12/2016, 05:45 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil akan menjadikan rumah dinasnya (pendopo) sebagai destinasi wisata sejarah yang bisa diakses masyarakat secara gratis.

Rencananya, wisata ke pendopo itu bisa dikunjungi setiap hari mulai 25 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017 dari mulai pukul 09.00-12.00 WIB dan pukul 13.30-16.00 WIB. Selanjutnya, wisata ke pendopo hanya dibuka setiap Sabtu dan Minggu di jam yang sama.

Pengumuman itu disampaikan Ridwan melalui sebuah video berdurasi 60 detik yang diunggah melalui akun sosial media Instagram pribadinya @ridwankamil, Sabtu (24/12/2016) malam.

Video itu memuat suasana rumah dinasnya yang berlokasi di Jalan Dalemkaum, Bandung, atau tepat di samping Masjid Agung Jawa Barat (Alun-alun Bandung).

"Belum pernah wisata sejarah ke pendopo walikota Bandung? Kalau beruntung, mau melihat penampakan walikota Bandung? Mulai besok tanggal 25 Desember sampai dengan 1 Januari 2017 dari mulai pukul 09.00-12.00 WIB dan pukul 13.30-16.00 WIB. Selanjutnya terbuka untuk wisata setiap Sabtu dan Minggu di jam yang sama. Silakan datangi rumah bersejarah rakyat Bandung ini. Hatur nuhun. Mohon berpakaian yang sopan, tidak parkir di pendopo dan tidak bawa makanan minuman juga mantan," tulis Ridwan.

(Baca: Ridwan Kamil: Bandung Kota Menyenangkan untuk Berjalan Kaki)

Postingan tersebut langsung mendapat beragam komentar netizen. Hingga Minggu (25/12/2016) pukul 00.29 WIB, unggahan itu telah disukai oleh 150.021 pengguna Instagram.

"Bagus tuh kalau warga bisa wisata ke sana. Thx pak wali, sangat disayangkan bila fasilitas ini tidak terjaga kebersihannya. Mari kita jadi wisatawan yang teredukasi dengan baik. Hatur nuhun," tulis pemilik akun @eva_boen.

"Belum pernah ke sana, cuma ngelewatin doang. Terima kasih infonya pak," timpal @adaa.nuf.

(Baca: Pantau Misa Natal, Ridwan Kamil Sebut Bandung Aman Terkendali)

Kompas TV Kang Emil Jamin Kegiatan KKR di Sibuga Aman & Lancar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com