Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

35.000 Anggota Banser Siap Amankan Natal di Jateng

Kompas.com - 24/12/2016, 12:37 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Sebanyak 35 ribu anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama di Jawa Tengah siap dikerahkan untuk membantu pengamanan kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

Jumlah tersebut tersebar di 35 kabupaten dan kota di Jateng. Mereka di bawah koordinasi dari Satuan Koordinasi Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah.

"Banser harus turut serta menjaga kondusivitas keamanan, jika diminta oleh pihak kepolisian,” kata Ketua Ketua GP Ansor Jateng Ikhwanudin, Sabtu (24/12/2016).

Saat ini, kata dia, Banser telah diminta kepolisian untuk membantu pengamanan perayaan Natal. Oleh karena itu, seluruh anggota Banser diminta untuk berkoordinasi dengan Polri dan TNI terkait titik pengamanan.

"Jangan bertindak tanpa adanya komando. Semua langkah yang dilakukan harus melalui komando pimpinan masing-masing, harus berkoordinasi dengan aparat," ujar Ikhwanuddin.

Selain fokus pengamanan di tempat ibadah, Banser juga diminta untuk bersiaga di permukiman penduduk, untuk memberikan rasa aman kepada warga yang memperingati Natal di rumah.

Masyarakat pun diimbau untuk tetap menjaga toleransi, agar tercipta suasana yang tenteram dan kondusif.

"Ini juga perlu jadi perhatian bersama," ucap Ikhwan.

Kompas TV Aparat Siagakan Keamanan Ibu Kota Jelang Natal & Tahun Baru
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com