Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal, Jumlah Penumpang di Bandara Pangkalpinang Naik 75 Persen

Kompas.com - 24/12/2016, 11:30 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, jumlah penumpang di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, mengalami lonjakan signifikan.

Sehari menjelang Natal, tercatat sebanyak 7.000 penumpang. Angka ini meningkat dibanding hari biasanya yang hanya 4.000 penumpang per hari atau naik 75 persen hingga sekitar 3.000 penumpang.

"Lonjakan penumpang diperkirakan bertahan hingga 2 Januari 2017, dengan estimasi sebanyak 6.000 sampai 7.000 penumpang setiap hari," kata Koordinator Posko Bandara, Feri, kepada Kompas.com, Sabtu (24/12/2016).

Kenaikan jumlah penumpang yang cukup signifikan ini disebabkan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan libur Natal dan Tahun Baru untuk bepergian.

Kepulauan Bangka Belitung sebagai destinasi wisata diperkirakan juga menarik lebih banyak kunjungan akhir tahun ini.

Menyikapi lonjakan jumlah penumpang, sejumlah maskapai seperti Sriwijaya Air telah memberlakukan penerbangan ekstra sebanyak tiga kali dalam sehari. Penerbangan ekstra seperti untuk rute Pangkalpinang-Jakarta dan Pangkalpinang-Palembang.

Pada momen Natal dan akhir tahun kali ini, tercatat sebanyak 50 kali penerbangan pulang-pergi di Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Situasi bandara hingga saat ini dilaporkan berjalan kondusif dengan petugas gabungan yang bersiaga selama 24 jam, hingga berakhirnya masa Operasi Lilin pada 2 Januari 2017.

Kompas TV 156 Ribu Polisi Diterjunkan Untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com