Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Purwakarta Luncurkan Ambulans Khusus Ibu Lansia

Kompas.com - 22/12/2016, 19:49 WIB
Reni Susanti

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Purwakarta meluncurkan ambulans dan dokter on call khusus ibu lansia. Peluncurkan dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Ibu, 22 Desember.

“Ada 10 ambulans yang disiapkan. Ini sebagai sumbangsih kami para anak untuk para ibu,” ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di Purwakarta, Kamis (22/12/2016).

Dedi menjelaskan, ambulans untuk ibu lansia ini memiliki interior khusus. Selain bentuk perhatian terhadap ibu, program ini sengaja diluncurkan mengingat jumlah penyakit yang bisa menimpa wanita lebih banyak dibanding pria.

Pemerintahan setingkat desa nantinya akan mendata ibu lansia di Purwakarta. Setiap rumah yang memiliki lansia akan dipasangi stiker berisi nomor kontak sopir ambulans dan dokter.

Peluncuran tersebut ditandai dengan kunjungan Dedi ke sebuah rumah di Jalan Hidayat Martalogawa Kelurahan Nagri Tengah, Purwakarta. Rumah tersebut milik Kartini (60) yang dua bulan lalu divonis menderita liver.

Seusai berbincang dengan Dedi, Kartini langsung dibawa ke RSUD Bayu Asih dengan menggunakan ambulans untuk menerima pengobatan. Pasalnya, Kartini membutuhkan penanganan dokter spesialis, tidak cukup dengan dokter on call.

Dalam kunjungan tersebut, Dedi pun menjelaskan petunjuk teknis pada ibu-ibu yang ingin menggunakan layanan kesehatan gratis ini. Si ibu atau keluarganya bisa langsung mengontak nomor kontak yang ada di stiker.

“Sistemnya on call, cukup telepon nanti dijemput oleh ambulans dan dokternya,” tutur Dedi.

Untuk data rumah lansia yang akan ditempeli sticker program ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta sebagai leading sektor program ini sudah bekerjasama dengan Pemerintahan Desa dan Kelurahan di seluruh wilayah di Kabupaten Purwakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com