Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Kecil Antarpulau Tenggelam, 6 Orang Selamat

Kompas.com - 21/12/2016, 22:21 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kapal kecil antarpulau KM Hikmah 1 tenggelam akibat dihantam ombak tinggi di perairan Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (21/12/2016) sore.

Enam orang di kapal, yakni 3 orang anak buah kapal (ABK) dan 3 orang penumpang, berhasil selamat. Namun kapal dan barang kebutuhan pokok untuk warga Pulau Balang Lompo yang terangkut kapal ikut tenggelam.

KM Hikmah 1 memulai pelayarannya di kanal dekat Pelabuhan Rakyat Paotere Makassar, sekitar pukul 13.00 Wita.

Kapal tersebut yang membawa enam orang beserta barang-barang kebutuhan warga itu berlayar menuju Pulau Balang Lompo, Kabupaten Pangkep, sekitar 4,5 nautikal mile dari daratan Kota Makassar. Kapal dikabarkan tenggelam sekitar pukul 16.00 Wita.

Badan SAR Nasional mengerahkan KN SAR Antasena yang bersandar di Pelabuhan Rakyat Paotere menuju ke lokasi tenggelamnya kapal.

Sementara menuju ke lokasi kejadian, mereka mendapatkan informasi bahwa semua orang di kapal tersebut ditemukan selamat.

"Mereka diselamatkan oleh nelayan sekitar lokasi tenggelamnya KM Hikmah 1," kata Kepala Badan SAR Nasional Kota Makassar Muslimin di Dermaga Pelabuhan Paotere.

Beberapa kapal Badan SAR Nasional kembali ke posko masing-masing. Adapun enam korban berada di Pulau Balang Lompo, Kabupaten Pangkep.

"Memang cuaca saat ini buruk karena ombak tinggi hingga mencapai 2 meter," kata Muslimin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com