Presiden Jokowi Resmikan Pos Lintas Batas Negara di Entikong - Kompas.com

Presiden Jokowi Resmikan Pos Lintas Batas Negara di Entikong

Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan
Kompas.com - 21/12/2016, 15:53 WIB
KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam rangkaian peresmian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (21/12/2016)

ENTIKONG, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Rabu (21/12/2016).

Didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja, Jokowi tiba menggunakan Heli Super Puma kepresidenan sekitar pukul 09.30 WIB.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, dua tahun yang lalu saat dirinya ke Entikong bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, melihat kondisi bangunan yang sudah puluhan tahun belum pernah tersentuh pembangunan.

Kondisi bangunan PLBN saat itu, lanjut Jokowi, jika dibandingkan dengan bangunan milik Malaysia, sangat memprihatinkan.

"Saya bisik-bisik kepada Menteri PU saat itu, ini kantor atau kandang. Saya gak tau sudah berapa tahun, saya gak ngomong kandang apa, ya pokoknya kata kandang," ujar Jokowi menggambarkan kondisi bangunan PLBN Entikong saat itu, Rabu (21/12/2016).

Jokowi menambahkan, melihat kondisi tersebut, dia kemudian memerintahkan kepada Basuki Hadimuljono untuk segera merombak ulang bangunan PLBN tersebut dengan target waktu pengerjaan selama 2 tahun.

"Perintah saya saat itu singkat, saya minta lebih baik dari yang disana (Malaysia)," ujarnya.

Keinginan Jokowi dalam mewujudkan pembangunan dari pinggiran dan perbatasan, berbuah dengan selesainya pengerjaan PLBN Entikong tersebut tepat sesuai dengan target yang diberikan.

"Tadi saya bisik-bisik sama menteri PU, masih lebih jelek dari sana (Malaysia)? Sudah lima kali lebih baik pak, yang ngomong menteri PU, bukan saya," paparnya disambut gelak tawa undangan yang hadir.

"Sekarang kalau mau foto-foto sudah tidak perlu ke PLBN sebelah, disini sudah keren," selorohnya.

Jokowi menegaskan bahwa Indonesia ternyata bisa membangun yang lebih baik asal ada kemauan.

"Buktinya kita bisa asal ada kemauan dan PLBN Entikong sekarang jauh lebih baik dan sudah saya buktikan," katanya.

Setelah memberi sambutan, Jokowi bersama Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, Menteri Dalam Negeri yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan Tjahyo Kumolo, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono secara simbolis menekan tombol sirine tanda diresmikannya PLBN Entikong, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X