Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Listrik Segera Suplai Listrik untuk Daratan Timor

Kompas.com - 19/12/2016, 14:18 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara Machnizon Masri, mengatakan, satu unit Kapal Pembangkit Listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) berkapasitas 60 MW yang disewa PLN tiba di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Masri, saat ini, kapal pembangkit listrik ini masih melalui pemeriksan administrasi oleh imigrasi dan Balai Karantina.

"Setelah diperiksa, kapal tersebut akan berpindah ke Pelabuhan Bolok dan menyuplai listrik ke Gardu Induk Bolok yang kemudian diteruskan sampai ke sistem Timor," kata Masri, Senin (19/12/2016).

Dengan kapasitas itu, lanjut Masri, pihaknya bisa menyuplai listrik ke seluruh daratan Timor, khususnya Timor bagian barat.

Masri menjelaskan, setelah diperiksa, kapal tersebut akan berpindah ke Pelabuhan Bolok dan menyuplai listrik ke Gardu Induk Bolok yang kemudian diteruskan sampai ke sistem Timor.

"Selain itu, PLN akan membangun jaringan hingga ke Kabupaten Belu, karena saat ini Jaringan PLN baru sampai di Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan," ucapnya.

Masri menyebutkan, kekuatan listrik yang 60 MW dari Kapal MVPP, maka akan terjadi surplus daya listrik di NTT ditambah dengan IPP Bolok yang akan beroperasi sekitar di 2017 nantinya dengan kapasitas 16,5 x 2 MW.

"Diperkirakan pada tahun 2017 mendatang akan ada tambahan daya 90 MW di luar dari beban puncak Kota Kupang yang sekarang mencapai 75 MW," ucapnya.

Masri menilai, langkah cepat PLN ini untuk memenuhi kebutuhan listrik yang memadai di wilayah Kota Kupang dan diharapkan warga bisa menikmati listrik dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com