Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPJS Kesehatan Akhirnya Masuk ke Kutai Barat

Kompas.com - 18/12/2016, 15:34 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Akhirnya, warga Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur bisa menikmati fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan.

Pemerintah Kabupaten Kubar bahkan telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Utama Samarinda.

Bupati Kuba FX Yapan mengatakan, perjanjian kerjasama tersebut mengenai integrasi jaminan kesehatan daerah kabupaten Kutai Barat ke program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) dan jaminan kesehatan bagi pegawai pemerintah non-pegawai negeri.

Mereka yang termasuk pegawai pemerintah non-PNS adalah pada TKK, PTT dan aparat kampung beserta anggota keluarganya.

Jaminan kesehatan tersebut berlaku mulai 1 Januari 2017.

“Kesehatan merupakan hak warga negara karena dengan sehat masyarakat dapat melakukan hal yang positif. Integrasi Jaminan Kesehatan Daerah ke Program JKN-KIS merupakan implementasi, dari Program Strategis Nasional,” kata Bupati Yapan, Minggu (18/12/2016).

Bupati melanjutkan, hal itu merupakan implementasi dari salah satu Nawacita Presiden Joko Widodo pada poin ke lima, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui layanan kesehatan masyarakat dengan menginisiasi Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Integrasi Jaminan Kesehatan Daerah dan Jaminan Kesehatan bagi PPNPN ini tidak lepas dari peran Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Barat yang merupakan pihak yang ditunjuk Pemkab Kutai Barat sebagai leading sector dan juga didukung  Dinas/UPTD lainnya,” jelasnya.

Selain itu, Pemkab Kubar juga mendorong seluruh pihak memiliki andil dan kontribusi dalam pelaksanaan Program JKN.

Dorongan yang dimaksud dalam hal ini adalah meminta pihak swasta wajib mendaftarkan seluruh tenaga kerja dan anggota keluarganya menjadi peserta JKN-KIS.

Pemerintah juga mendorong kelompok masyarakat yang mampu untuk dapat membiayai dirinya sendiri dan anggota keluarganya untuk menjadi peserta program JKN-KIS.

“Dengan adanya perjanjian kerjasama ini, maka dimulailah tahapan cakupan Jaminan Kesehatan Masyarakat Kutai Barat menuju total health coverage 2019 sehingga mampu berkontribusi meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik,” pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com