Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kantong Parkir Disiapkan untuk Urai Kemacetan di Bandungan pada Akhir Tahun

Kompas.com - 16/12/2016, 09:34 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Tujuh kantong parkir disiapkan di kawasan wisata Bandungan, Kabupaten Semarang, untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Selama ini di daerah berhawa dingin itu selalu macet berjam-jam pada masa libur Natal dan Tahun Baru.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Semarang Prayitno Sudaryanto mengatakan, ada tiga penyebab kemacetan di Bandungan saat liburan.

Selain angkutan umum yang menaikturunkan penumpang di sembarang tempat, kemacetan itu dipicu oleh keterbatasan area parkir dan parkir kendaraan di tepi jalan utama.

"Penyiapan kantong parkir diharapkan dapat mengurangi kemacetan saat puncak kunjungan wisatawan pada libur Natal dan Tahun Baru nanti," kata Sudaryanto, Jumat (16/12/2016).

Tujuh titik kantong parkir yang telah disiapkan itu adalah halaman Kantor Kecamatan Bandungan, areal parkir umum arah ke Gintungan, parkir bus di Ngasem, halaman Kantor Peternakan Provinsi Jateng, halaman Kantor Kelurahan Bandungan, sebagian lajur jalan di sekitar Pasar Bandungan, dan area parkir PT KAI di depan Puskesmas Bandungan.

Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan, Pemkab Semarang akan meneruskan rencana menata kawasan wisata Bandungan pada 2017.

Selain mengurai kesemrawutan lalu lintas, Pemkab Semarang akan menata para pedagang kaki lima yang seringkali berjualan hingga ke badan jalan.

"Kami tidak akan menggusur PKL, hanya akan ditata agar tertib dan tidak mengganggu kelancaran lalu lintas sehingga Bandungan akan lebih nyaman dan rapi," kata Ngesti.

Kawasan wisata Bandungan merupakann kawasan wisata alam, kuliner, dan sejarah. Bandungan meliputi daerah pertanian yang subur sehingga banyak pengunjung memburu sayur, bunga, buah-buahan serta tanaman hias yang dihasilkan para petani di sana.

Selain itu, di Bandungan juga terdapat kompleks peninggaan budaya Hindu, yakni Candi Gedongsongo di lereng Gunung Ungaran.

Bagi penyuka hiburan malam, Bandungan juga menyediakan ratusan tempat karaoke dengan tarif bersaing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com