Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pupuk Nasionalisme, TNI di Madiun Gelar Nobar Final AFF

Kompas.com - 14/12/2016, 21:56 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Kodim 0803 Madiun menggelar nonton bareng (nobar) laga final pertama Piala AFF, Timnas Indonesia melawan Thailand, aula Kodim 0803 Madiun, Jalan Pahlawan Nomor 25, Rabu (14/12/2016).

Acara nonton bareng (nobar) ini diharapkan dapat memupuk nasionalisme dan menambah persatuan bangsa.

"Pertama ini perintah Panglima TNI agar seluruh jajaran menggelar nobar dan menggunakan ikat kepala merah putih. Lewat nobar dapat mempersatukan bangsa dan menambah persatuan bangsa. Pasalnya, lewat sepak bola maka bicara nasionalisme tidak ada lagi suku dan kelompok. Ini momentum yang tepat," kata Komandan Kodim 0803 Madiun Letkol Inf Rachman Fikri kepada Kompas.com, Rabu (14/12/2016) malam.

Nobar Final Piala AFF terbuka untuk semua kalangan masyarakat . Tak hanya di aula Kodim, ia juga memerintahkan nobar juga digelar di Koramil di wilayah Kota dan Kabupaten Madiun.

"Seluruh anggota Kodim 0803 wajib hadir menonton. Kami juga mengundang warga dan pejabat forpimda," jelas Fikri.

Fikri menuturkan, acara nobar dimulai sekitar pukul 19.00 WIB, diawali dengan doa bersama. Setiap penonton yang datang akan diberi ikat kepala merah putih sebagai bentuk dukungan terhadap Timnas Indonensia.

"Pertandingan malam ini, merupakan momen untuk mempersatukan bangsa," katanya.

Sementara itu, dalam pertandingan pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Thailand. Rizky Pora dan Hansamu Yama menjadi pahlawan tim Garuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com