Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permudah Pembayaran Pajak, Ridwan Kamil Luncurkan Aplikasi "E-SATRIA"

Kompas.com - 14/12/2016, 11:20 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung meluncurkan aplikasi baru yang berfungsi mempermudah para wajib pajak. Aplikasi tersebut bernama E-SATRIA (Self Assessment Tax Reporting Application).

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, inovasi itu bagian dari komitmen Kota Bandung dalam pengembangan kota pintar. Aplikasi itu, lanjut dia, bisa mempermudah segala urusan pembayaran pajak dengan memutus sistem transaksi tatap muka antara wajib pajak dengan pegawai yang kerap menjadi celah pungli.

"Karena dengan dikerjakan di rumah, di kantor dengan E-SATRIA, bisa nulis sendiri (pajaknya) dan mengaplod bukti-buktinya. Ini adalah cara mengelola pelayanan publik di masa depan," ujar pria yang kerap disapa Emil itu di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Bandung, Selasa (13/12/2016) malam.

Emil pun berharap agar upaya tersebut bisa meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak yang sangat bermanfaat untuk pembangunan kota.

"Saya ingin mengingatkan, kalau cinta Bandung, ikutilah aturan apa adanya, bayarlah pajak apa adanya. Kalau Bandung mau juara kita mulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat untuk ikut aturan apa adanya," tuturnya.

Kepala Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung, Ema Sumarna menjelaskan, melalui aplikasi ini wajib pajak akan masuk ke sebuah sistem untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Pembayaran pajak bisa langsung dilakukan secara daring (online).

"Elektronik SATRIA ini akan mengubah kultur atau kebiasaan dari yang biasanya ada interaksi wajib pajak dengan para petugas, sekarang dengan teknologi tidak akan ada lagi komunikasi interaksi pertemuan antara Wajib Pajak dengan petugas," kata Ema.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com