Honor Terlambat Diterima, Petugas Kebersihan Mengamuk dan Rusak Kantor - Kompas.com

Honor Terlambat Diterima, Petugas Kebersihan Mengamuk dan Rusak Kantor

Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati
Kompas.com - 13/12/2016, 19:37 WIB

PALU, KOMPAS.com - Ratusan buruh angkut sampah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Palu mengamuk.

Mereka kesal lantaran honor yang seharusnya dibayarkan awal bulan tak kunjung diterima.

Aksi ratusan petugas kebersihan ini terjadi pada Selasa (13/12/2016) sore pukul 15.00 Wita. Para pasukan kuning ini mengamuk dan memecahkan kaca jendela kantor DKP yang terletak di Jalan Kakatua, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Selain memecahkan kaca kantor dengan lemparan batu, mereka juga merusak kursi plastik di kantor tersebut.

Kepala Seksi Pengaduan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Palu, La Handita mengatakan, keterlambatan pembayaran honor para petugas kebersihan karena pihaknya harus membuat laporan pertanggungjawaban akhir tahun.

“Kami terpaksa menunda pembayaran honor para petugas kebersihan ini. Tapi bukan berarti kami tidak akan membayarkan hak mereka. Jadi ini tidak ada unsur kesengajaan," kata La Handita, Selasa (13/12/2016).

Ancha, sallah seorang sopir petugas kebersihan yang sudah lama mengabdi di kantor dinas tersebut berharap keterlambatan pembayaran honor tidak terjadi lagi.

"Ini aksi spontan kawan-kawan. Kasihan mau makan apa anak dan istri kalau honor belum kita terima. Jadi kami berharap keterlambatan pembayaran honor kami jangan lagi terlambat," kata Ancha.

Kekesalan para petugas kebersihan Kota Palu ini mereda setelah adanya mediasi. Honor mereka akhirnya dibayarkan hari itu juga.

PenulisKontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM