Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jabar Akan Salurkan Rp 3,5 Miliar untuk Korban Gempa Aceh

Kompas.com - 12/12/2016, 10:32 WIB
Reni Susanti

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menyerahkan bantuan bagi korban bencana alam gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh, sebesar Rp 3,5 miliar. Dana tersebut berasal dari pos belanja hibah 2016 sebesar Rp 2 miliar.

“Sisanya Rp 1,5 miliar dari masyarakat dan PNS Pemprov Jabar yang terhimpun dananya di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat, juga dana dari Rumah Zakat Indonesia dan CSR Bank BJB,” ujar Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Bandung, Senin (12/12/2016).

Pria yang kerap disapa Aher itu mengatakan, masyarakat Jabar ikut berbelasungkawa atas bencana yang terjadi di Aceh.

“Kami dari Jabar, sebagai bagian utuh dari Indonesia, akan ikut berpartisipasi meringankan beban saudara-saudara kita di Pidie," terangnya.

Menurut Aher, akan ada relawan dari beberapa organisasi masyarakat di Jawa Barat yang dikirim ke Pidie Jaya.

Aher menuturkan, Jawa Barat juga pernah mengirim relawan untuk membantu evakuasi korban bencana di Sumatera Barat, Oktober 2009. Kemudian saat terjadi bencana alam tsunami di Aceh Desember 2004 lalu, Pemprov Jabar juga membantu memobilisasi bantuan masyarakat kepada korban.

"Bencana alam yang kerap terjadi di belahan bumi nusantara ini, di saat itu Jabar selalu tergerak untuk membantu. Mari kita peduli sesama anak bangsa agar keberkahan meliputi kita semua," ujarnya.

Kompas TV Sekolah Yang Rusak Belum Dapat Bantuan Perbaikan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com