Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Ingin Surabaya Punya Wisata Mural

Kompas.com - 11/12/2016, 15:59 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bermimpi Surabaya memiliki destinasi wisata mural.

Dengan demikian, nantinya setiap sudut kota akan terdapat dinding gedung atau pembatas jalan yang kosong, yang diisi dengan lukisan mural yang tematik.

"Di setiap titik temanya berbeda, bukan sekadar corat-coret saja," kata Risma saat melukis mural bersama puluhan komunitas di tembok wisata Pantai Kenjeran Surabaya, Minggu (11/12/2016).

"Paling tidak temanya yang menunjukkan atau bercerita soal lokasi tersebut. Contohnya di Kenjeran harus lukisan yang bercerita tentang nelayan Kenjeran," ujarnya.

Selain mempercantik kota, mural juga dinilai Risma dapat mewadahi hobi warga yang suka melukis. Risma berharap hobi mereka itu juga bermanfaat bagi kota Surabaya.

Selain di Kawasan Kenjeran, kata Risma, melukis mural juga bisa dilakukan di eks lokalisasi Dolly di Kelurahan Putat Jaya, di Jalan Setail yang bersebelahan dengan Kebun Binatang Surabaya, atau di kawasan Monumen Kapal Selam.

"Saya harap mural akan menjadi obyek wisata tersendiri di Surabaya," tuturnya.

Kegiatan mural di wisata Pantai Kenjeran juga disponsori PT ICI Paints Indonesia (Akzonobel Decorative Paints Indonesia).

Di Indonesia, Akzonobel baru-baru ini mengecat 10 bangunan ikonik dan bersejarah di 10 kota secara serentak, termasuk di Surabaya yang dipusatkan di kawasan Tugu Pahlawan.

"Kami melihat Surabaya merupakan kota yang cantik dan penuh sejarah sehingga menjadikan salah satu tujuan wisata yang patut dikunjungi," kata Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia, Jun de Dios.

"Dengan kegiatan ini, kami berharap para warga Surabaya mendapatkan manfaat dan terinspirasi dari kekuatan transformasi warna serta memberikan dampak positif kepada meraka yang tinggal dan bekerja di kota penuh semangat ini," ujarnya.

Kompas TV Emosi Risma Meledak Saat Sidak Pelayanan E-KTP
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com