Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Polres Bogor Berlakukan Sistem Satu Arah di Jalur Puncak

Kompas.com - 10/12/2016, 14:01 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Bogor memberlakukan sistem satu arah (one way) menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, mulai Sabtu (10/12/2016) hingga Senin (12/12/2016) untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas selama libur panjang.

Kondisi lalu lintas di kawasan Puncak sejak pagi hingga siang, Sabtu (10/12/2015), pun mengalami lonjakan arus kendaraan.

Peningkatan volume kendaraan yang didominasi mobil pribadi dan bus pariwisata tersebut membuat antrean kendaraan mengular mulai dari Km 42 hingga pintu keluar Tol Ciawi. Sementara kondisi lalu lintas di Simpang Gadong juga terus disesaki kendaraan bermotor.

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Anaga mengatakan, sistem satu arah diberlakukan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Namun, masih bersifat situasional.

"Sejak pagi sudah terlihat peningkatan kendaraan menuju Puncak. Sampai saat ini antrean mencapai 5 kilometer," kata Anaga, Sabtu (10/12/2016).

Baca juga: "Long Weekend", Polres Bogor Pantau Titik Kemacetan di Jalur Puncak dan Bocimi

Menurut Anaga, selain volume kendaraan yang meningkat, kemacetan juga disebabkan keluar-masuk kendaraan di beberapa lokasi wisata.

"Tingginya antusiasme masyarakat dari berbagai daerah untuk berwisata di kawasan Puncak, Bogor, menyebabkan meningkatnya volume kendaraan," ujarnya.

Untuk mengurai kemacetan, lanjut Anaga, sejumlah petugas kepolisian ditempatkan di beberapa simpul rawan kemacetan, seperti di simpang Ciawi, simpang Gadog (Puncak), simpang Pasar Cisarua, simpang Taman Safari dan sejumlah objek wisata lainnya.

"Kami juga imbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi aturan lalu lintas dan berhati-hati di jalan mengingat cuaca di wilayah Bogor selalu turun hujan sehingga menyebabkan jalanan licin dan rawan kecelakaan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com