Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basarnas: Jika Perlu, Pencarian Korban Gempa Aceh Terus Dilanjutkan

Kompas.com - 09/12/2016, 20:33 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya F Henry Bambang Soelistyo menyatakan, proses pencarian korban gempa di Aceh idealnya berlangsung dua hingga tiga hari dari total 14 hari yang disediakan untuk proses evakuasi keseluruhan.

Sementara sisanya akan difokuskan untuk membersihkan puing-puing bangunan yang berserakan.

Namun, kata Soelistyo, itu memang batas ideal yang disediakan dari 14 hari. Jika dirasa masih kurang, proses pencarian korban akan terus dilakukan.

Hal itu disampaikan Soelistyo saat ditemui seusai proses evakuasi di reruntuhan Pasar Meureudu, Pidie Jaya, Aceh, Jumat (9/12/2016).

"Proses evakuasi secara keseluruhan 14 hari. Dari 14 hari itu biasanya dioptimalkan untuk pencarian korban selama 3 hingga 4 hari. Namun kalau dirasa kurang, ya diperkirkan terus dilanjutkan. Intinya kami tak mau ada korban tersisa saat pembersihan puing bangunan," ujar Soelistyo.

Baca juga: Pencarian Korban Gempa Aceh Dihentikan jika Tak Ada Lagi Laporan Orang Hilang

Hingga saat ini masih ada 13 lokasi yang menjadi titik pencarian korban gempa Aceh. Rencananya, besok tetap dilakukan proses pencarian yang dimulai pukul 08.00 WIB.

Menurut Soelistyo, tantangan utama dari proses pencarian ialah korban harus bisa diselamatkan secara utuh di dalam reruntuhan yang sudah hancur.

Namun, Soelistyo memastikan tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan TNI/Polri sudah mengantisipasi untuk mengatasi reruntuhan yang rawan rubuh saat mengevakuasi korban.

"Itu sudah kami antisipasi dengan menggunakan K-9 dari Jakarta Rescue, perangkat life detector, dan kamera. Jadi, kami pastikan dulu keberadaan korban, bersihkan puing yang mengganggu lokasi pencarian, baru selamatkan korban," lanjut Soelistyo.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, informasi terakhir yang diterima pihaknya menyebutkan bahwa jumlah korban meninggal akibat gempa Aceh berjumlah 100 orang.

Mereka tersebar di tiga wilayah. Sebanyak 96 orang ditemukan di Pidie Jaya, dua orang di Bireun, dan dua orang di Pidie.

Kompas TV Korban Gempa Aceh Berobat ke Rumah Sakit Lapangan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com