Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suasana Haru Shalat Jumat Pertama Pasca-gempa Aceh

Kompas.com - 09/12/2016, 15:55 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

PIDIE JAYA, KOMPAS.com — Puluhan warga Desa Pangwa, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya, melaksanakan shalat Jumat pertama pasca-bencana gempa bermagnitudo 6,5 yang melanda kabupaten ini, Rabu lalu.

Namun, shalat Jumat digelar di halaman masjid yang bernama Masjid Jami Kuba karena bangunan masjid dalam kondisi roboh.

Seorang warga bernama Usman (57) mengatakan, pelaksanaan shalat Jumat pekan ini begitu mengharukan karena banyak di antara jemaah kehilangan anggota keluarga yang tertimbun reruntuhan bangunan.

“Setelah shalat, kami juga membacakan doa untuk semua warga yang meninggal dunia dalam musibah tersebut,” ujar Usman, Jumat (9/12/2016).

Tidak hanya di Masjid Kuba, Desa Pangwa, shalat Jumat juga dilaksanakan di Masjid Beuracan. Di sini, konstruksi masjidnya juga runtuh, tetapi tidak separah Masjid Kuba, Pangwa.

Banyak warga yang melintasi Masjid Kuba kemudian singgah hanya untuk menyaksikan kondisi masjid yang tak bisa digunakan sama sekali itu. Ada juga warga yang sengaja datang ke Masjid Kuba untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com