Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Siswa SD Sisihkan Uang Jajan untuk Korban Gempa Aceh

Kompas.com - 09/12/2016, 12:44 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Kepedulian terhadap korban bencana alam gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh terus mengalir. Di Gunungkidul, siswa SD menyisihkan uang sakunya untuk membantu korban gempa bumi di Pidie Jaya.

Selain itu, siswa-siswa SD IV Wonosari Gunungkidul juga mengelar doa bersama. Para siswa SD IV Wonosari, Gunungkidul tampak berkumpul dihalaman sekolah.

Sebelum pengumpulan dana dengan tema koin keprihatinan, para siswa beragama Islam melakukan sholat gaib. Sementara bagi siswa yang beragama non Muslim memanjatkan doa dengan cara kepercayaannya sendiri.

Setelah mengelar doa untuk korban gempa, sebuah kotak kardus berwarna coklat dengan tulisan Koin untuk Aceh di putarkan. Tampak siswa-siswa SD IV Wonosari, Gunungkidul menyisihkan uang jajannya dan memasukan kedalam kardus dengan suka rela.

Para siswa juga diberikan kebebasan untuk menentukan besaran uang bantuan yang di sumbangkan, termasuk mengambil uang kembalian dari dalam kardus.

"Ini sebagai salah wujud solidaritas dan dukungan moral kepada masyarakat PIdie Jaya, Aceh yang menjadi korban gempa," ucap Eko Pramono, Kepala Sekolah SD IV Wonosari, Jumat (9/12/2016).

Eko menyampaikan selain mengumpulkan dana, Juga digelar doa bersama. Guru dan siswa berdoa agar korban bencana Gempa Bumi di Pidie Jaya, Aceh diberikan ketabahan dan kesabaran.

"Kami di sini berdoa untuk saudara kami yang ada di Pidie Jaya. Semoga tabah dalam menghadapai cobaan," tegasnya.

Tujuan lain dari diadakannya doa bersama dan pengumpulan dana ini adalah untuk memberikan pembelajaran kepada para siswa, agar berempati dan mau berbagi menolong sesama. Terlebih terhadap korban bencana alam.

"Jumlahnya memang tidak seberapa, tetapi menumbuhkan rasa kepedulian sejak dini dalam membantu sesama ini yang utama," tandasnya.

Menurut dia, nantinya bantuan dari para guru dan siswa ini akan disalurkan ke PMI Gunungkidul. Semenyara itu Nilna salah satu siswa SD IV Wonosari menyampaikan semoga uang jajan yang dia sumbangkan dapat membantu korban bencana gempa bumi di Aceh.

"Saya ingin membantu dengan berdoa dan menyumbangkan uang jajan. Semoga korban gempa di Aceh diberikan ketabahan," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com