Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu Malam, Aceh Diguncang Gempa Susulan 5 SR

Kompas.com - 08/12/2016, 07:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gempa bumi susulan melanda Aceh, Rabu (7/12/2016) malam pukul 23.05 WIB, dengan kekuatan 5,0 Skala Richter, setelah paginya gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang daerah ini dan menyebabkan banyak kerusakan.

Menurut informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terjadi pada kedalaman 10 km pada titik 5,56 derajat LU - 95,75 derajat BT atau 32 km Timur Laut Kabupaten Aceh Besar.

BMKG menyatakan, gempa bumi di Aceh Besar tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Hingga saat ini belum diketahui dampak dari gempa tersebut.

Sebelumnya, gempa bumi juga terjadi di Kabupaten Pidie, Aceh, Rabu pagi pukul 05.03 WIB dengan kekuatan sebesar 6,5 SR.

Gempa di Pidie, Aceh terjadi pada titik 5,25 derajat LU dan 96,24 derajat BT, di mana pusat gempa terjadi di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km. Gempa Pidie menimbulkan korban jiwa serta kerusakan infrastruktur jalan dan rumah.

Baca: Aliya Merangkak Keluar dari Reruntuhan Ruko yang Roboh akibat Gempa Aceh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com