Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Korban Meninggal akibat Gempa di Aceh Sedang Hamil 7 Bulan

Kompas.com - 07/12/2016, 20:10 WIB

ACEH, KOMPAS.com - Guncangan gempa bumi magnitudo 6,5 di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, menelan puluhan korban jiwa, termasuk seorang ibu hamil tujuh bulan yang juga menjadi korban bersama bayi yang ia kandung.

"Almarhum sedang hamil dan masuk bulan ketujuh," kata Sekretaris Gampong (desa) Kuta Pangwa, Kecamatan Tringgadeng, Pijay Zulkifli dengan mata berkaca, sembari menunjuk jenazah korban yang terbujur kaku di antara jenazah korban lainnya.

Gempa menguncang wilayah Pidie Jaya di jalan Banda Aceh-Medan, sekitar 200 kilometer dari pusat Ibu Kota Provinsi Aceh pada Rabu pagi pukul 05.03 WIB.

Hingga pukul 17.00 WIB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan jumlah korban jiwa dari gempa Bumi di Kabupaten Pidie, Aceh, adalah 97 orang, 411 orang luka berat, dan 125 orang luka ringan.

"Desa ini saja korban yang meninggal keseluruhan 15 orang, satu di antaranya ibu hamil dan anak-anak, serta orang dewasa," katanya lagi.

"Saya juga korban, kaki saya tergilir ketika menghindari runtuhan bagunan," ungkapnya sembari menunjukkan kakinya yang membengkak.

Baca juga: Polda Aceh: Korban Meninggal Dunia Gempa Aceh 97 Orang

Para korban gempa yang meninggal rencananya dimakamkan dalam satu liang. Saat ini, warga setempat masih memandikan jenazah yang sudah evakuasi.

"Bantuan sudah datang dan kita sudah membuka dapur umum. Warga masih enggan kembali ke rumah dan takut terhadap gempa susulan," ujarnya.

Kompas TV Korban Gempa Terus Berdatangan ke Rumah Sakit
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com